Blog

makanan dan minuman sahur agar kuat puasa

Makanan dan Minuman Sahur agar Kuat Puasa

Selama berpuasa, tubuh membutuhkan berbagai nutrisi agar tetap sehat dan berenergi. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, Anda disarankan mengonsumsi makanan dan minuman sahur agar kuat puasa yang mengandung vitamin dan mineral.

Tidak hanya menyehatkan, makanan dan minuman sahur agar kuat puasa juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Mulai dări apel hingga air kelapa, berikut beberapa camilan atau makanan yang disarankan untuk Anda konsumsi saat sahur:

1. Apel

Setelah makan besar, Anda disarankan mengonsumsi apel agar tubuh tetap berenergi selama puasa. Hal ini dikarenakan apel memiliki kadar air dan serat yang tinggi, sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Sebaiknya konsumsi apel tanpa membuang kulitnya, karena kulit apel mengandung serat pektin yang berfungsi menekan nafsu makan, sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang diet.

2. Kacang dan biji-bijian

Jenis kacang-kacangan, seperti almond, mede, dan walnut kaya akan karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan lebih lama, sehingga Anda tidak mudah merasa lapar saat berpuasa. Pilih kacang yang tidak terlalu manis atau asin agar nutrisi di dalamnya tidak berubah menjadi kalori, yang dapat berisiko meningkatkan berat badan. Selain itu, biji-bijian, seperti kedelai, kacang hijau, dan kacang tanah, juga cocok dikonsumsi saat sahur, karena dapat membantu sistem pencernaan.

3. Dark Chocolate

Camilan yang disukai banyak orang ini berkhasiat untuk memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga cocok dikonsumsi saat sahur. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa dalam dark chocolate berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan, sehingga membuat Anda merasa kenyang saat berpuasa. Selain itu, dark chocolate juga dapat mengurangi nafsu untuk mengonsumsi makanan manis dan berlemak yang tinggi kalori. Cocok untuk Anda yang sedang diet.

4. Beras merah

Beras merah sangat disarankan untuk disajikan saat sahur, karena kaya akan gizi dan memberi rasa kenyang lebih lama. Beras merah mengandung karbohidrat kompleks, yaitu jenis karbohidrat dengan struktur kimia rumit, sehingga proses pemecahan dan penyerapannya membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan karbohidrat biasa.

5. Yogurt

Agar pencernaah sehat dan lancar saat berpuasa, konsumsi yogurt saat sahur. Yogurt cocok dikonsumsi saat sahur, karena kaya akan vitamin D dan kalsium, serta probiotik, yaitu bakteri baik yang berfungsi untuk melawan bakteri jahat di usus. Yogurt juga merupakan sumber protein yang dapat melancarkan metabolisme.

6. Air kelapa

Makanan dan minuman sahur agar kuat puasa berikutnya adalah air kelapa. Air kelapa merupakan salah satu minuman paling sehat untuk menghidrasi tubuh. Bahkan, air kelapa dipercaya dapat mencegah dan mengobati gangguan pencernaan, seperti asam lambung (maag) yang sering muncul saat puasa. Namun, sebaiknya air kelapa jangan ditambah gula. Anda bisa menambahkan campuran jeruk manis untuk rasa manis yang alami dan sehat.

7. Susu kurma

Rasa kurma yang khas banyak disukai orang dan bisa diolah menjadi minuman lezat, salah satunya susu kurma. Berikut cara mudah dan sederhana untuk membuat susu kurma:

Bahan-bahan:

  • 5 buah kurma
  • 5 kacang almond atau hazelnut
  • Susu UHT 300 ml
  • 1 sdm madu
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Rendam kurma di dalam air selama 5-7 jam.
  2. Setelah itu, blender kurma dengan semua bahan.
  3. Tuang ke dalam gelas dan susu kurma siap dinikmati.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout