Blog

telat haid 1 bulan

Ketahui Penyebab Telat Haid 1 Bulan 

Haid adalah perubahan fisiologis dalam tubuh perempuan yang memiliki siklusnya kendiri. Panjang siklus haid yang normal adalah 21-35 hari. Namun, tidak semua perempuan memiliki siklus yang teratur dan ada yang telat haid 1 bulan. Apa penyebab telat haid 1 bulan?

Lihat Juga: Produk Kesehatan Seksual untuk Menambah Gairah Di Sini

Siklus haid yang normal adalah 11-13 kali dalam setahun. Ada yang siklusnya teratur, ada juga yang tidak teratur. Jika Anda telat haid 1 bulan, bukan berarti hamil. Namun, bisa disebabkan faktor lainnya. Berikut beberapa penyebab telat haid 1 bulan yang perlu Anda ketahui:

1. Kehamilan

Penyebab telat haid 1 bulan yang paling banyak diketahui adalah kehamilan. Kehamilan terjadi selama 40 minggu antara waktu haid terakhir dan kelahiran, yaitu 38 minggu dari pembuahan. Saat kehamilan, dinding rahim tidak akan diluruhkan, sehingga haid tidak akan terjadi. Jika Anda aktif secara seksual dan tidak menggunakan kondom, maka kemungkinan besar adalah kehamilan. Agar lebih pasti, lakukanlah pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan test pack dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan atau bidan.

2. Stres

Siklus menstruasi diatur oleh bagian otak yang disebut hipotalamus. Saat mengalami stres, bagian otak ini akan terganggu kinerjanya. Oleh karena itu, stres secara fisik dan mental bisa menjadi penyebab telat haid. Selain itu, saat mengalami stres dan kelelahan, produksi estrogen, progesteron, dan berbagai hormon lainnya di dalam tubuh juga menjadi kacau. Pada beberapa kasus, telat hamil bisa menyerupai kehamilan palsu. Untuk mencegah hal tersebut, kurangi stres dengan menerapkan pola hidup sehat, relaksasi dengan yoga, serta rutin berolahraga.

3. Olahraga berlebihan

Penyebab telat haid 1 bulan lainnya adalah olahraga secara berlebihan. Meski penting untuk menjaga kesehatan, namun olahraga yang tidak sesuai porsinya bisa menyebabkan gangguan hormonal yang berdampak pada siklus haid yang tidak teratur. Selain itu, berkurangnya cadangan lemak dalam jumlah besar secara tiba-tiba juga bisa membuat tubuh kekurangan energi untuk menghasilkan hormon estrogen dan progesteron yang mengatur haid. Hal ini menyebabkan terjadinya telat haid atau bahkan tidak haid sama sekali.

4. Obesitas

Berat badan berlebih atau obesitas adalah salah satu penyebab telat haid 1 bulan yang perlu Anda waspadai. Ketika perempuan mengalami penambahan berat badan berlebih atau obesitas, bisa memicu terjadinya gangguan hormonal pada perempuan. Hal ini dikarenakan tubuh akan memproduksi hormon estrogen lebih banyak, sehingga dapat menghambat ovulasi (pelepasan sel telur) dan menebalkan lapisan endometrium, sehingga darah haid menjadi banyak dan tidak teratur.

5. Penurunan berat badan secara signifikan

Penurunan berat badan yang drastis ternyata dapat memengaruhi hipotalamus dan bisa menyebabkan telat haid 1 bulan. Jika indeks massa tubuh (IMT) berada di bawah normal atau <18, maka bisa mengalami siklus haid yang tidak teratur atau bahkan telat 1 bulan. Penurunan berat badan secara drastis bisa disebabkan oleh gangguan makan, seperti bulimia dan anoreksia. Berat badan yang kurang 10 persen dari berat badan ideal akan menyebabkan fungsi tubuh dapat terganggu, termasuk proses ovulasi, yaitu proses di mana indung telur melepaskan sel telur. Oleh karena itu, penting untuk menaikkan berat badan secara sehat agar siklus haid bisa normal kembali. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout