Blog

rambutan untuk ibu hamil

Kenali Manfaat Rambutan untuk Ibu Hamil dan Janin

Rambutan merupakan salah satu buah yang paling banyak disukai. Selain karena bentuknya yang unik, rambutan memiliki rasa manis yang menyegarkan. Namun, bolehkah ibu hamil makan rambutan dan apa saja manfaat rambutan untuk ibu hamil?

Rambutan mengandung beragam nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Beberapa nutrisi penting dalam rambutan, antara lain vitamin B2, B3, C, serat, zat besi, dan kalsium. Berikut beberapa manfaat rambutan untuk ibu hamil yang perlu diketahui:

Manfaat Rambutan untuk Ibu Hamil

Meski ada mitos yang mengatakan bahwa rambutan tidak baik dikonsumsi ibu hamil, namun hingga saat ini mitos tersebut belum terbukti secara ilmiah. Apa saja manfaat rambutan? berikut beberapa di antaranya:

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Rambutan mengandung serat tidak larut dan serat larut air yang sangat baik untuk sistem pencernaan ibu hamil. Serat tidak larut dalam rambutan berfungsi untuk melancarkan proses pengeluaran tinja dari dalam tubuh, sehingga dapat mencegah sembelit selama hamil. 

2. Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang tinggi dalam rambutan bermanfaat untuk mencegah anemia saat hamil. Jika ibu hamil terkena anemia, maka dapat berisiko membahayakan kehamilan. Selain itu, ibu hamil yang kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya selama kehamilan, seperti bayi lahir dengan berat badan rendah, bayi lahir prematur, depresi pasca melahirkan, bahkan risiko kematian.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat rambutan untuk ibu hamil lainnya adalah kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu penyerapan zat besi dari makanan, sehingga sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil. 

4. Membantu pembentukan tulang janin

Ibu hamil membutuhkan kalsium untuk menjaga kesehatan tulangnya, sekaligus membantu pembentukan tulang janin. Rambutan merupakan salah satu sumber kalsium yang baik. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi rambutan agar bisa memenuhi asupan kalsium selama kehamilan. 

Tips Aman Mengonsumsi Rambutan Selama Kehamilan

Berapa batas aman konsumsi rambutan pada ibu hamil? Hingga saat ini belum ada penelitian yang bisa memastikan hal tersebut. Meski demikian, ibu hamil masih diperbolehkan untuk mengonsumsi rambutan,  asal tidak berlebihan. Agar tetap aman untuk kesehatan dan janin, berikut tips aman mengonsumsi rambutan untuk ibu hamil:

  • Pilih rambutan yang matang dengan ciri-ciri berwarna merah, kuning, dan jingga.
  • Pastikan rambutan dibersihkan dari sisa kotoran yang masih menempel dengan menggunakan air yang mengalir.
  • Kupas kulit rambutan dengan menggunakan pisau atau tangan. Hindari mengupas kulit rambutan dengan menggunakan mulut, karena kuman yang ada di kulitnya bisa masuk ke dalam tubuh ibu hamil.
  • Pisahkan daging buah rambutan dari bijinya. Hal ini bertujuan untuk mencegah biji rambutan tertelan.

Mengonsumsi rambutan memang memiliki beragam manfaat untuk ibu hamil. Namun, pastikan ibu hamil tidak mengonsumsi rambutan secara berlebihan. Hal ini bertujuan agar keseimbangan dan kecukupan asupan nutrisi saat hamil benar-benar terjaga. Jika ibu hamil ragu atau memiliki penyakit tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengann dokter kandungan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi rambutan. Selain itu, jika ibu hamil memiliki keluhan setelah mengonsumsi rambutan, segera periksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout