Blog

asam folat untuk ibu hamil

Kenali Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Nutrisi ini perlu dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan, untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan mencegah gangguan pada bayi. Apa saja manfaat asam folat untuk ibu hamil?

Ibu hamil perlu memenuhi asupan asam folat yang direkomendasikan, yaitu sekitar 600 mikrogram setiap hari. Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat memengaruhi kesehatan ibu dan janin. Berikut beberapa manfaat asam folat untuk ibu hamil yang perlu diketahui:

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Asam folat penting untuk dipenuhi asupannya, baik bagi Anda yang sedang hamil maupun sedang berencana untuk hamil. Berikut beberapa manfaat utama asam folat:

1. Mencegah cacat tabung saraf

Manfaat asam folat untuk ibu hamil yang pertama adalah membantu tabung saraf bayi berkembang dengan baik dan mencegah bayi terkena cacat tabung saraf, seperti spina bifida dan anensefali. Spina bifida merupakan kelainan yang membuat bayi memiliki celah pada tulang belakang dan saraf tulang belakang, sedangkan anensefali adalah kondisi di mana bayi dilahirkan tanpa otak dan tulang tengkorak dan umumnya akan meninggal setelah dilahirkan. Kedua gangguan tersebut dapat menyebabkan bayi mengalami berbagai komplikasi, seperti masalah tumbuh kembang, kesulitan berjalan, infeksi otak dan saraf tulang belakang, dan kecacatan permanen.

2. Mencegah keguguran

Ibu hamil yang mengonsumsi asam folat sebelum dan selama kehamilan juga dapat terhindar dari keguguran. Keguguran adalah kondisi kematian janin saat usia kehamilan masih muda, yaitu kurang dari 20 minggu. Selain itu, asam folat juga bisa menurunkan risiko terjadinya beberapa gangguan kehamilan, seperti gangguan pertumbuhan janin di dalam kandungan dan kelahiran prematur.

3. Menurunkan risiko preeklamsia

Preeklamsia merupakan komplikasi kehamilan yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah, peningkatan kadar protein dalam urine, dan bengkak-bengkak. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko ibu hamil mengalami eklamsia atau kejang yang berbahaya saat hamil dan meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan kurang. Untuk mengurangi risiko preeklamsia, ibu hamil harus memenuhi asam folat sejak trimester kedua. 

4. Mencegah anemia

Masalah yang sering dialami ibu hamil lainnya adalah anemia atau kurang darah. Ibu hamil yang mengalami anemia dapat menimbulkan berbagai komplikasi kehamilan yang berisiko mengancam nyawa ibu dan bayi. Untuk mencegah hal ini, ibu hamil disarankan untuk memenuhi asupan asam folat dan zat besi yang cukup.

Sumber Alami Asam Folat

Untuk memenuhi asupan asam folat sebelum dan selama kehamilan, berikut beberapa sumber asam folat yang perlu dikonsumsi secara rutin:

  • Sayuran, seperti brokoli, selada, bayam, dan kentang
  • Buah-buahan, seperti jeruk, pepaya, dan alpukat
  • Kacang-kacangan, seperti kacang merah dan kacang polong
  • Telur
  • Hati sapi
  • Sereal yang telah difortifikasi asam folat

Selain beberapa sumber alami asam folat di atas, ibu hamil juga bisa memenuhi kebutuhan asam folat harian dengan mengonsumsi suplemen asam folat untuk kehamilan. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen kehamilan, ibu hamil perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan agar dokter dapat menentukan jenis dan dosis suplemen yang tepat dan aman dikonsumsi berdasarkan kondisi kehamilan dan kesehatan ibu hamil.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout