Blog

cara menggunakan tensimeter digital

Kenali Cara Menggunakan Tensimeter Digital dan Manfaatnya

Bagi Anda yang memiliki penyakit hipertensi, rutin mengecek tekanan darah adalah kewajiban. Jika dulu alat tensimeter atau alat pengukur tekanan darah hanya bisa dilakukan oleh para profesional, kini seiring dengan perkembangan teknologi, alat tensimeter telah dibuat secara digital. Bagaimana cara menggunakan tensimeter digital untuk mengukur tekanan darah?

Dengan adanya tensimeter digital, Anda dapat memantau tekanan darah di mana saja dan kapan saja. Selain dapat mengukur tekanan darah dengan cepat, tensimeter digital juga akurat dan mudah digunakan. Tesimeter digital juga dapat menyimpan hasil pengukuran sebelumnya, sehingga Anda dapat membandingkan hasil pengukuran sebelumnya. Agar lebih jelas, berikut penjelasan mengenai cara menggunakan tensimeter digital:

Cara Menggunakan Tensimeter Digital

Pada umumnya, tekanan darah orang dewasa normal berkisar antara 100 hingga 130 mmHg untuk tekanan sistolik dan 60 hingga 90 mmHg untuk tekanan diastolik. Cara menggunakan tensimeter digital sebenarnya cukup mudah, dimulai dengan menekan tombol ‘start’, selanjutnya diikuti dengan beberapa langkah berikut:

  • Gunakan manset pada lengan atas. Caranya, bagian bawah manset berada pada 1-2 cm di atas siku, sedangkan ujung selang manset berada di tengah lengan.
  • Jika mengukur dengan menggunakan tangan kanan, posisi selang akan berada pada sisi siku Anda. Oleh karena itu, pastikan selang antara manset dan alat tensimeter tidak tertindih atau terjepit.
  • Kencangkan manset. Nilai tekanan darah lengan kanan dan kiri dapat berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan lengan yang sama untuk setiap kali melakukan pengukuran. Jika nilai hasil pengukuran berbeda jauh, konsultasikan dengan dokter.
  • Saat melakukan pengukuran, sebaiknya duduk tenang, tegak, dan kaki menapak di lantai. Posisi ketinggian manset sama dengan jantung.
  • Agar hasil pengukuran akurat, maka dianjurkan untuk dilakukan saat kondisi tubuh Anda stabil. Oleh karena itu, 30 menit sebelum pengukuran, hindari beberapa aktivitas, seperti berolahraga, makan, minum, mandi, merokok, dan minum alkohol atau kafein.

Cara Menurunkan Tekanan Darah

Selain mengetahui cara menggunakan tensimeter digital, Anda juga perlu menerapkan kebiasaan sehat untuk menurunkan tekanan dara tinggi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mengurangi konsumsi garam

Mengurangi asupan garam dalam makanan Anda dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung serta menurunkan tekanan darah sekitar 5-6 mmHg jika Anda memiliki hipertensi. Jika Anda memiliki hipertensi, dianjurkan untuk mengonsumsi garam atau natrium tidak lebih dari 1.500 mg per hari.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, rendah lemak, rendah kolesterol, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, susu rendah lemak, setiap hari. Selain itu, perbanyak juga makanan yang tinggi kalium, seperti alpukat, pisang, tomat, dan kentang. Mengonsumsi jenis makanan tersebut dipercaya dapat menurunkan tekanan darah hingga 11 mmHg jika Anda memiliki hipertensi.

3. Mengurangi asupan kafein

Meski efek kafein pada tekanan darah masih sering diperdebatkan hingga kini, namun konsumsinya sebaiknya dikurangi, terutama bagi Anda yang memiliki hipertensi. Hal ini dikarenakan kafein dapat meningkatkan tekanan darah hingga 10 mmHg pada orang yang jarang mengonsumsinya. Namun, bagi orang yang sering minum kopi hanya berdampak sedikit pada kenaikan tekanan darah. Jika Anda masih ragu, sebaiknya tanyakan kepada dokter mengenai efek kafein pada tubuh Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout