Blog

Berikut penjelasan lengkap mengenai kadar gula darah normal berdasarkan usia.

Kadar Gula Darah Normal Berdasarkan Usia

Kadar gula darah di dalam tubuh perlu dikontrol dengan baik. Hal ini dikarenakan kadar gula darah tinggi dapat menimbulkan berbagai komplikasi, salah satunya diabetes. Berapa kadar gula darah yang normal berdasarkan usia?

Mengetahui kadar gula darah normal berdasarkan usia penting agar Anda memahami angka ideal kadar gula darah untuk diri sendiri. Berikut penjelasan lengkap mengenai kadar gula darah normal berdasarkan usia.

Lihat Juga: LDLOX Membantu mengurangi lemak darah

Kadar Gula Darah Normal Berdasarkan Usia

Kadar gula darah tinggi atau rendah bisa mengindikasikan terjadinya masalah kesehatan dan membutuhkan penanganan medis. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kadar gula darah normal berdasarkan usia. 

Kadar gula darah normal bisa diukur saat seseorang berpuasa, makan, atau setelah makan. Lalu, berapa kadar gula darah normal berdasarkan usia? Berikut penjelasannya.

1. Anak di bawah usia 6 tahun

Anak-anak di bawah usia 6 tahun harus memiliki kadar glukosa darah yang berkisar antara 80-200 mg/dL setiap hari. Angka tersebut termasuk normal dan bisa berubah-ubah saat bangun tidur, makan, hingga sebelum tidur. Oleh karena itu, anak-anak yang mengidap diabetes perlu diperiksa kadar gulanya di malam hari oleh orang tuanya.

2. Anak usia 6-12 tahun

Kadar gula darah pada anak usia 6-12 tahun berkisar antara 80-180 mg/dL per hari. Namun, kadar tersebut dapat naik setelah makan akibat tubuh perlu memecah glukosa yang akhirnya disebarkan ke seluruh aliran darah. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi makanan ringan anak, terlebih sebelum tidur.

3. Usia 13-19 tahun

Pada usia 13-19 tahun, kadar gula darah normal berkisar antara 70-150 mg/dL per hari. Jika remaja mengalami diabetes, umumnya sulit untuk dikelola, karena masalah tanggung jawab dan kontrol perilaku terkait pengaruh lingkungan. Oleh karena itu, remaja pengidap diabetes perlu rutin memeriksa kadar gula darah dan memperhatikan makanannya, serta rutin berolahraga.

4. Usia di atas 20 tahun

Kadar gula darah normal pada orang yang berusia di atas 20 tahun, harus berkisar antara 100-180 mg/dL per hari. Setelah bangun tidur di pagi hari, gula darah harus berada di titik terendah, karena tubuh belum makan selama sekitar 8 jam. Kategori kadar gula rendah adalah angka pemeriksaannya kurang dari 100 mg/dL. Jika angkanya di bawah 70 mg/dL, sudah memasuki kategori berbahaya.

Jika seseorang memiliki kadar gula darah melebihi 130 mg/dL, bisa dianggap memiliki kadar gula darah yang tinggi. Namun, umumnya, tidak ada gejala yang muncul hingga kadar gula seseorang mencapai 250 mg/dL atau lebih tinggi. Tingkat gula darah tertinggi yang masih dianggap aman, yaitu sekitar 160-240 mg/dL.

Itulah penjelasan mengenai kadar gula darah normal berdasarkan usia. Penting untuk memeriksakan kadar gula darah di dalam tubuh secara rutin, terutama pada seseorang yang berisiko untuk mengalami masalah, seperti diabetes. Hal ini juga perlu dilakukan jika Anda memiliki kebiasaan makan banyak. Jika diabetes terdiagnosis sejak dini, penanganannya bisa segera dilakukan dan lebih bisa teratasi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout