Blog

jus buah untuk kesehatan mata

6 Jus Buah untuk Kesehatan Mata: Alpukat Hingga Mangga

Wortel dikenal sebagai makanan yang bisa menjaga kesehatan mata dan mencegahnya dari kerusakan. Meski demikian, ada cukup banyak buah yang bisa menjaga kesehatan mata lainnya, terutama dalam bentuk jus. Apa saja jus buah untuk menjaga kesehatan mata?

Selain menjaga kesehatan mata, mengonsumsi jus buah tertentu juga bisa menghambat perkembangan penyakit yang menyerang mata, seperti katarak, glaukoma, dan degenerasi makula. Berikut beberapa jus buah untuk kesehatan mata yang perlu Anda ketahui.

Jus Buah untuk Kesehatan Mata

Selain wortel, berikut beberapa jus buah untuk kesehatan mata yang baik untuk Anda konsumsi secara rutin:

1. Alpukat

Mengonsumsi jus alpukat merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata. Alpukat kaya akan vitamin A, vitamin E, serta antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin. Semua kandungan nutrisi tersebut sangat penting untuk kesehatan mata, serta menghambat perkembangan penyakit degenerasi makula dan katarak penyebab penglihatan kabur.

2. Jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk bermanfaat untuk membantu melawan risiko katarak dan degenerasi makula. Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kerusakan mata akibat radikal bebas. Vitamin C juga bermanfaat untuk membantu pembentukan protein kolagen yang dapat menjaga kejernihan kornea.

3. Blueberry

Blueberry yang tinggi antioksidan juga bisa dijadikan sebagai jus buah untuk kesehatan mata. Kandungan antioksidan yang disebut antosianin dalam blueberry bermanfaat untuk memberikan perlindungan pada indera penglihatan. Ketika seseorang menghabiskan banyak waktu di bawah terik sinar matahari, antosianin dapat melindungi retina dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Senyawa antosianin bisa didapatkan dari makanan dengan pigmen warna ungu, merah tua, atau biru, seperti anggur merah atau ungu, blackberry, cranberry, dan delima.

4. Kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang sangat efektif dalam mencegah penyakit mata. Dalam satu cangkir kiwi, mengandung 167 miligram vitamin C atau dua kali lipat jumlah nutrisi yang disediakan jeruk. Selain itu, kandungan mineral tembaga dalam kiwi juga berperan penting untuk sistem saraf yang bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi retina. Para peneliti di National Eye Institute menemukan bahwa asupan vitamin C yang tinggi dan nutrisi lainnya dapat membantu mencegah pembentukan katarak pada usia lanjut.

5. Tomat

Tomat kaya akan karotenoid, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Tomat juga merupakan sumber lutein, likopen, dan betakaroten yang terbukti dapat melindungi mata dari kerusakan akibat cahaya, serta menghambat perkembangan katarak dan degenerasi makula. Hal ini didukung oleh studi dari The Age-Related Disease yang menemukan bahwa orang dengan asupan karotenoid tercukupi dapat menurunkan risiko terjadinya degenerasi makula sebesar 35 persen.

6. Mangga

Di balik rasanya yang enak dan segar, mangga ternyata juga menyimpan manfaat, yaitu menjaga fungsi penglihatan tetap optimal. Dua nutrisi utama dalam mangga adalah antioksidan lutein dan zeaxanthin yang berfungsi untuk mendukung kesehatan mata dan melindungi mata dari sinar biru yang dipancarkan dari layar gadget. Dikutip dari SFGate, mangga juga menyediakan sumber lutein dan zeaxanthin cukup tinggi, yaitu sekitar 48 mikrogram per buah. Selain itu, vitamin A yang tinggi dalam mangga juga bermanfaat untuk membantu mencegah gangguan mata kering dan rabun senja.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout