Blog

5 Manfaat Jambu Kristal

Ini 5 Manfaat Jambu Kristal yang Perlu Anda Ketahui

Anda tentunya familiar dengan jambu biji merah. Namun, pernahkah Anda mengonsumsi jambu kristal? Ya, jambu kristal adalah salah satu jenis jambu biji yang juga banyak diminati di Indonesia. Hal ini tidak mengherankan, karena seperti jambu biji merah, manfaat jambu kristal juga penting untuk kesehatan.

Jambu kristal mengandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin B kompleks, zat besi, mangan, magnesium, dan masih banyak lagi. Ingin tahu lebih dalam seputar manfaat jambu kristal untuk kesehatan? Berikut 5 di antaranya.

1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Dengan kandungan serat yang tinggi, jambu kristal memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan pencernaan. Mengonsumsi jambu kristal secara rutin dapat memenuhi asupan harian Anda akan serat, sehingga bermanfaat untuk membantu kelancaran pergerakan usus dan mencegah berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit. Khasiat jambu kristal tidak hanya dari buahnya, namun juga dari daunnya. Penelitian menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat menurunkan intensitas dan durasi diare, serta membantu menetralkan mikroba yang memicu diare. Hal ini dikarenakan ekstrak daun jambu biji memiliki efek antimikroba.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Ingin memiliki mata yang jernih dan sehat? Rutinlah mengonsumsi jambu kristal yang tinggi akan vitamin A. Vitamin A dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata Anda. Dengan mengonsumsi setidaknya 100 gram jambu kristal, Anda dapat memenuhi hingga 21% asupan vitamin A harian. Asupan vitamin A harian yang cukup berkhasiat untuk membantu mencegah berbagai gangguan kesehatan mata, seperti rabun dekat, rabun jauh, silindris, serta rabun ayam.

3. Menyehatkan Jantung

Untuk mencegah penyakit jantung sejak dini, penting untuk memperhatikan pola makan Anda. Salah satu caranya dengan rutin mengonsumsi jambu kristal yang penting untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan kandungan serat larut dan kalium yang tinggi, jambu kristal memiliki banyak manfaat, antara lain berperan besar dalam mengontrol tekanan darah, mengurangi peradangan pada jantung, serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi jambu biji sebelum makan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Beberapa kandungan dalam jambu kristal sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, seperti antioksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E dan antioksidan bermanfaat dalam membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Sedangkan vitamin C dalam jambu biji memiliki kontribusi besar dalam pembentukan kolagen, yaitu protein yang dibutuhkan untuk membentuk struktur kulit dan tulang. Dengan terbentuknya kolagen, maka elastisitas kulit akan terjaga dan kulit akan terlihat lebih sehat dan kencang.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain penting untuk menjaga kesehatan kulit, kandungan vitamin C dalam jambu kristal juga berperan besar dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dalam jambu biji bahkan lebih tinggi dari jeruk yang dikenal sebagai sumber vitamin C. Rutin mengonsumsi jambu kristal memiliki banyak khasiat, antara lain meningkatkan imunitas tubuh, membangun pertahanan tubuh untuk melawan serangan virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit, serta menghindarkan tubuh dari infeksi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout