Blog

manfaat buah naga

Ini 5 Manfaat Buah Naga yang Perlu Anda Ketahui

Buah naga berasal dari Amerika Tengah dan diimpor ke beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Dengan tampilan dan warna yang unik serta kandungan nutrisi yang melimpah, tidak mengherankan jika buah naga dijuluki sebagai superfood. Kandungan manfaat buah naga, termasuk vitamin B, vitamin C, serat, kalsium, protein, fosfor, antioksidan, dan memiliki kalori yang rendah. 

Manfaat buah naga yang luar biasa menjadikannya penting untuk dikonsumsi oleh semua kalangan, bahkan ibu hamil. Berikut 5 manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan, mulai dari melancarkan pencernaah hingga imun tubuh.

1. Mampu Mencegah Diabetes

Tahukah Anda, buah naga sejak lama dimanfaatkan sebagai obat hipertensi. Biji buah naga bahkan dipercaya dapat membantu mengatur kadar glukosa darah. Hal ini tidak mengherankan karena buah naga mengandung serat, vitamin C, vitamin B, flavonoid, dan protein. Kandungan tersebut memiliki segudang manfaat, di antaranya mencegah risiko terkena diabetes mellitus tipe 2, melindungi jantung, dan mencegah hipertensi. Bagi pengidap diabetes, pastikan untuk mengonsumsi buah naga dengan porsi yang sesuai anjuran dokter. 

2. Menangkal Kanker

Perpaduan manfaat dari fitoalbumin, vitamin C, dan mineral lainnya menghasilkan buah super yang dapat mencegah kanker. Tak hanya itu, buah naga juga mengandung likopen yang memiliki efek kemopreventif untuk berbagai jenis kanker, seperti kanker prostat, paru-paru, payudara, kulit, dan liver. Menurut penelitian dalam Nutrition and Cancer, sel-sel kanker sulit untuk bertahan hidup jika bersentuhan dengan likopen. Penelitian tersebut juga menunjukkan adanya penurunan jumlah sel kanker ketika seseorang mendapatkan asupan likopen yang cukup.

3. Rahasia Awet Muda

Ingin terlihat awet muda tanpa perawatan yang mahal? Rutinlah mengonsumsi buah naga. Kandungan asam lemak dan fosfor dalam buah naga sangat baik untuk kesehatan kulit. Buah naga juga merupakan sumber antioksidan yang berguna untuk membantu menjaga tubuh dari paparan radikal bebas, sehingga dapat menghambat proses penuaan dini dan menjadikan kulit tetap kencang dan awet muda. Anda bisa menggunakan buah naga yang dikombinasikan dengan madu sebagai masker wajah untuk anti-penuaan.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imun tubuh sangat diperlukan di tengah pandemi untuk terhindar dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Buah naga mengandung vitamin C, karotenoid, dan antioksidan, yang berfungsi menjaga sel darah putih dari kerusakan, sehingga dapat memperkuat sistem imun tubuh Anda. Sel darah putih berperan dalam menangkal organisme-organisme berbahaya yang masuk ke tubuh, seperti bakteri, kuman, dan virus.

5. Mencegah Anemia selama Kehamilan

Selain folat, ibu hamil juga perlu mengonsumsi zat besi untuk mencegah anemia. Sebagai sumber zat besi, buah naga berfungsi untuk membentuk sel darah merah yang diperlukan ibu hamil jika mengalami anemia. Hal ini juga dibuktikan melalui penelitian pada 2017 yang menemukan bahwa konsumsi jus buah naga dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan eritrosit, yang berkhasiat untuk menyembuhkan anemia pada ibu hamil. Tidak hanya itu, tercukupinya zat besi pada ibu hamil akan berdampak positif pada pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Yuk, jaga kesehatan dan imun tubuh selama pandemi dengan mengonsumsi buah naga.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout