Blog

gejala kanker serviks

6 Gejala Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai

Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit yang banyak terjadi di Indonesia. Mengenali gejala kanker serviks sejak dini sangat penting agar bisa ditangani dengan tepat dan tidak bertambah parah. Ada beberapa gejala kanker serviks yang perlu Anda waspadai.

Kanker serviks umumnya menyerang wanita yang sering berganti pasangan seksual, mengonsumsi pil KB dalam jangka panjang, serta memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Berikut gejala kanker serviks yang perlu Anda kenali.

Gejala Kanker Serviks

Kanker leher rahim atau serviks disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV). Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak menunjukkan gejala, sehingga sering kali baru terdeteksi setelah memasuki stadium lanjut. Meski demikian, ada beberapa gejala yang bisa menandakan seseorang terkena kanker serviks, yaitu:

1. Perdarahan vagina yang tidak normal

Perdarahan tidak normal pada vagina adalah salah satu gejala awal kanker serviks yang perlu diwaspadai. Perdarahan yang dialami bisa lebih banyak atau lebih sedikit dari menstruasi biasanya. Selain itu, perdarahan juga bisa terjadi di antara periode menstruasi, saat berhubungan seksual, dan pada wanita yang sudah menopause.

2. Keputihan yang tidak biasa

Ciri-ciri kanker serviks lainnya adalah keputihan yang tidak normal. Lendir pada keputihan akan mengalami perubahan warna, memiliki aroma tidak sedap, serta terjadi perubahan tekstur dan konsistensi cairan vagina. Meski demikian, keputihan yang tidak normal ini juga bisa disebabkan oleh penyakit lain. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikannya.

3. Nyeri saat berhubungan intim

Tanda-tanda kanker serviks umumnya lebih beragam saat memasuki stadium lanjut, salah satunya nyeri panggul saat berhubungan intim. Nyeri ini menimbulkan rasa tidak nyaman saat melakukan hubungan seksual. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala ini, segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebabnya. Hal ini dikarenakan selain terkait dengan kanker serviks, gejala ini juga bisa dipicu oleh beberapa penyakit lain, seperti miom atau endometriosis.

4. Sering buang air kecil

Tidak bisa menahan keinginan untuk buang air kecil dan sakit saat buang air kecil juga merupakan salah satu gejala kanker serviks. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh sel kanker yang tumbuh mengelilingi leher rahim, lalu menyebar hingga ke kandung kemih. Namun, selain kanker serviks, gejala ini juga bisa muncul akibat infeksi saluran kemih (ISK). Oleh karena itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikannya.

5. Mudah lelah

Gejala lainnya yang bisa muncul saat seseorang terkena kanker serviks adalah mudah lelah. Kondisi ini terjadi akibat perdarahan yang tidak normal pada vagina, sehingga tubuh mengalami kekurangan sel darah merah secara perlahan atau anemia yang menyebabkan munculnya rasa lelah. Rasa lelah yang dirasakan umumnya akan berlangsung setiap saat dan tidak hilang meski Anda telah beristirahat cukup.

6. Kehilangan nafsu makan

Menurunnya atau hilangnya nafsu makan juga bisa menandakan seseorang terkena kanker serviks. Kondisi ini disebabkan oleh penyebaran sel kanker yang dapat membuat metabolisme tubuh berubah, sehingga berpengaruh terhadap nafsu makan. Selain itu penurunan berat badan secara drastis yang tidak diketahui penyebabnya juga perlu diwaspadai sebagai gejala kanker serviks. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout