Blog

Fungsi dan Cara Meningkatkan Sistem Imun pada Tubuh

Fungsi dan Cara Meningkatkan Sistem Imun – Sejak pandemi Covid-19 menyerang seluruh dunia, banyak informasi yang mengharuskan kita untuk menjaga sistem imun tubuh. Sebelumnya, mungkin kamu pernah mendengar tentang hal ini namun tidak sesering ketika virus Covid-19 datang. Terkadang, banyak orang yang belum tahu apa itu sistem imun di dalam tubuh kita. Nah, untuk mengetahui jawabannya, ikutilah ulasannya di artikel berikut ini.

Pengertian Sistem Imun

Sistem imun adalah sebuah sistem pertahanan atau bisa juga sistem kekebalan tubuh kita. Adanya sistem imun tubuh ini, maka bisa mengenal dan menghancurkan benda asing maupun sel-sel abnormal yang merugikan. Sistem imun juga tidak memiliki tempat khusus atau dikontrol oleh otak. Mereka bergerak sendiri ketika ada benda asing masuk ke tubuh kita.

Dikutip dari Encyclopedia Britannica (2015), sistem imun tubuh merupakan sebuah pasukan pertahanan yang dapat memerangi benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Tentunya, benda asing yang dihadang oleh sistem imun ini berpotensi memberikan gangguan pada tubuh.

Fungsi Sistem Imun

Karena sudah disinggung sebelumnya, fungsi utama adanya sistem imun tubuh adalah sebagai berikut.

  • Melawan patogen atau juga kuman yang bisa membawa penyakit. Beberapa contohnya seperti bakteri, virus, parasit dan juga jamur. Setelah melawannya, sistem imun ini akan mengeluarkan patogen itu dari tubuh.
  • Menganalisis dan juga menetralisir berbagai zat berbahaya di sekitar tubuh kita.
  • Melawan penyakit yang bisa mengubah tubuh kita. Contohnya seperti sel-sel kanker.
  • Dapat memperbaiki jaringan tubuh yang sudah rusak.

Jenis Sistem Imun

Untuk bisa melindungi tubuh kita dari infeksi, maka ada dua jenis sistem imun. Pertama adalah sistem imun bawaan dan kedua adalah sistem imun adaptif. Pengertian jenis sistem imun tersebut bisa dilihat sebagai berikut.

1. Sistem imun bawaan

Sistem imun bawaan atau yang juga dikenal sebagai sistem imun non-spesifik sudah ada di dalam tubuh kita secara alami. Fungsi sistem imun bawaan ini adalah sebagai garda terdepan untuk mencegah dan juga melawan infeksi yang sudah masuk ke dalam tubuh.

Sesuai dengan namanya, setiap orang mempunyai sistem imun bawaan yang bisa berbeda dengan intensitasnya. Hal ini juga sangat bergantung pada jenis keturunannya.

2. Sistem imun adaptif

Ketika antigen berhasil melewati sistem imun bawaan, maka sistem imun kedua yang berperan adalah jenis adaptif. Sistem imun adaptif ini akan terus berkembang selama kita terus menjalani hidup.

Saat kita terserang penyakit untuk pertama kalinya atau mendapatkan vaksinasi, maka tubuh kita menyimpan memori bernama imunologis. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah terserang penyakit sama nantinya. Sistem imun ini juga terus beradaptasi seiring adanya antigen yang masuk ke dalam tubuh.

Cara Meningkatkan Sistem Imun

Tidak selamanya sistem imunitas kita selalu kuat. Jika tidak ditingkatkan, maka kita bisa terkena penyakit serius bahkan hingga kematian. Nah, untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan sistem imun tubuh, berikut ulasannya.

1. Selalu perbanyak asupan bergizi

Hal pertama yang sering dianjurkan dokter adalah mengonsumsi makanan bergizi. Jenis makanan itu antara lain buah-buahan dan sayuran. Makanan tersebut memiliki kandungan vitamin dan nutrisi agar sistem imun kita meningkat.

2. Selalu cukup beristirahat

Orang-orang yang kelelahan memiliki risiko terkena penyakit. Hal itu dikarenakan, tubuh yang lelah membuat sistem imunitas kita juga berkurang. Maka dari itu, selalu sisihkan waktu untuk beristirahat.

3. Kendalikan stres

Banyak orang yang tidak sadar kalau stres bisa menurunkan sistem imun tubuh. Hal itu dikarenakan stres bisa memicu peningkatan hormon kortisol. Jika hormon ini terus meningkat, maka sistem kekebalan tubuh kita bisa terkikis. Maka dari itu, kamu harus bisa mengelola stres dengan baik.

4. Selalu rajin berolahraga

Tidak dapat dipungkiri kalau olahraga sangat bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah bisa meningkatkan sistem imunitas. Cukup berolahraga sebanyak 30 menit secara rutin, maka tubuh bisa kebal dari infeksi virus dan bakteri.

Demikianlah fungsi dan cara meningkatkan sistem imun pada tubuh kita. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Meningkatkan Sistem Imun

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout