Blog

daftar menu buka puasa untuk 1 bulan

Daftar Menu Buka Puasa untuk 1 Bulan yang Rendah Kalori

Selainkan menjalankan ibadah, puasa juga bermanfaat untuk menyehatkan berat badan melalui program diet. Agar hasilnya lebih efektif, Anda perlu menerapkan daftar menu buka puasa untuk 1 bulan bagi Anda yang menjalankan diet.

Untuk mendapatkan berat badan ideal selama puasa, Anda perlu memperbanyak konsumsi makanan rendah kalori, tinggi serat, vitamin, dan protein. Berikut daftar menu buka puasa untuk 1 bulan bagi Anda yang sedang diet.

1. Salah buah dan sayur

Daftar menu buka puasa untuk 1 bulan yang direkomendasikan untuk Anda yang sedang diet adalah salad buah dan sayur. Hal ini dikarenakan salad buah dan sayur dapat memenuhi asupan nutrisi harian Anda, seperti vitamin dan mineral. Selain itu, menu ini juga dapat mengenyangkan lebih lama, sehingga bisa menghindari makan berlebihan saat makan malam.

2. Jus buah

Daftar menu buka puasa untuk 1 bulan lainnya adalah jus buah. Buah-buahan rendah akan gula dan lemak, sehingga bisa membantu program diet Anda. Selain itu, buah-buahan juga dapat mengembalikan kadar gula darah dan cairan dalam tubuh dengan optimal. Anda disarankan untuk mengonsumsi jus buah saat berbuka puasa, karena kandungan gula alaminya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Omelet

Dibandingan daging ayam, telur tergolong rendah kalori, sehingga cocok untuk dikonsumsi saat diet. Dalam 1 butir telur mengandung vitamin B12, vitamin B2, vitamin A, vitamin B5, vitamin E, folat, dan zinc. Namun, tidak disarankan untuk mengonsumsi telur secara berlebihan, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol. Hal ini dikarenakan dalam 1 butir telur mengandung 212 kolesterol. Untuk mendapatkan nutrisinya secara optimal, Anda bisa berkreasi dengan berbagai olahan telur yang rendah kalori, seperti omelet.

4. Alpukat

Dengan kandungan lemak sehat yang tinggi, alpukat adalah salah satu menu yang direkomendasikan untuk program diet. Penelitian menemukan bahwa kandungan lemak dalam alpukat bisa meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid dari sayuran hingga 15 kali lipat. Selain itu, alpukat juga mengandung kalium, serat, dan air. Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, campurkan alpukat segar dengan salad buah atau konsumsi dengan roti gandum saat puasa.

5. Sate dada ayam

Sate dada ayam adalah pilihan menu buka puasa yang juga bisa membantu menurunkan berat badan. Dada ayam mengandung protein yang tinggi dan rendah lemak, sehingga baik untuk dikonsumsi sebagai menu yang lezat dan bergizi. Dalam 172 gram dada ayam mengandung 284 kalori dengan 53 gram protein, sehingga bisa memenuhi asupan nutrisi harian tubuh saat berpuasa.

6. Kentang rebus

Kentang rebus sangat baik dikonsumsi untuk menu buka puasa bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga kesehatan secara optimal. Hal ini dikarenakan kentang rebus mengandung kalsium yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Kentang rebus dipercaya dapat mengenyangkan lebih lama, sehingga Anda bisa makan lebih sedikit. Untuk mendapatkan manfaatnya, biarkan kentang mendingin sebentar setelah mendidih untuk membentuk pati resisten dalam jumlah tinggi. Pati resisten adalah zat seperti serat yang terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk menurunkan berat badan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout