Blog

crab mentality

Crab Mentality: Penyebab dan Cara Menghindarinya

Pernahkah Anda mendengar crab mentality? Ya, istilah ini menggambarkan sikap seseorang yang menghalangi keberhasilan orang lain. Crab mentality bersifat tidak sehat, karena bisa merugikan orang lain. 

Crab mentality bisa diartikan sebagai sikap iri hati atau egois terhadap pencapaian orang lain, sehingga bisa membuat seseorang mencoba menarik orang lain jatuh agar tidak meraih kesuksesan. Berikut penyebab crab mentality yang perlu Anda ketahui:

Penyebab Crab Mentality

Secara alamiah, manusia cenderung hidup berkelompok untuk memudahkan dalam mencapai suatu tujuan. Meski sifat kompetitif merupakan hal yang wajar, namun jika berlebihan dapat menyebabkan seseorang mengalami crab mentality. Selain itu, iri hati, rasa putus asa, kepercayaan diri yang rendah, bahkan depresi juga dapat memicu crab mentality.

Crab mentality juga bisa disebabkan oleh ketergantungan seseorang dalam hidup berkelompok, misalnya saat orang yang sangat berpengaruh meninggalkan suatu kelompok, maka akan membuat kelompok tersebut menjadi sulit berkembang. Dengan demikian, orang yang mengalami crab mentality akan berusaha untuk menghalangi langkah temannya yang akan pergi agar tetap berada di dalam kelompok. Salah satu cara untuk menjatuhkan individu dalam mencapai kesuksesan adalah dengan memberi komentar yang mengejek atau mengecilkan hati orang lain agar tidak meneruskan usahanya.

Cara Menghindari Crab Mentality

Bergaul dengan orang yang memiliki sikap crab mentality dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan diri. Agar terhindar dari hal tersebut, Anda perlu mengetahui beberapa cara menghindari orang dengan sikap crab mentality berikut:

1. Tetap gigih dalam mencapai kesuksesan

Pertahankan sikap optimis dan percaya diri untuk mencapai kesuksesan. Jika ada orang lain yang memberikan komentar negatif, abaikan saja dan tetap lakukan yang menurut Anda benar. Dengan demikian, Anda tidak akan memusingkan kritik atau sindiran orang lain terhadap apa yang Anda lakukan.

2. Terus mengembangkan kemampuan diri

Cara untuk menghindari crab mentality berikutnya adalah tetap semangat dan gigih dalam mengembangkan kemampuan Anda. Hal ini bertujuan agar rasa percaya diri Anda semakin meningkat dan tidak membuang waktu dengan komentar negatif orang lain. Anda bisa mengembangkan keahlian yang dimiliki atau mencoba hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

3. Evaluasi diri saat merasa gagal

Orang yang ingin mencapai tujuan tidak luput dari kegagalan. Namun, jangan sampai kegagalan itu membuat Anda menyerah dan berkecil hati dengan komentar negatif atau sindiran orang lain yang justru bisa membuat Anda semakin terpuruk. Perlu diingat, dałam setiap kegagalan selalu ada pelajaran yang bisa Anda ambil. Oleh karena itu, cobalah untuk mengevaluasi diri atas kegagalan yang dialami, sehingga rasa percaya diri Anda bisa bangkit kembali dan Anda semakin bersemangat untuk mencapai tujuan.

4. Berkelompok dengan orang yang mendukung Anda

Menghindari kelompok orang yang memiliki sikap crab mentality, terlebih jika mereka adalah teman lama Anda, memang tidak mudah. Namun, hal ini penting untuk dilakukan, karena jika tetap berada dalam kelompok tersebut hanya akan menyulitkan Anda untuk meraih kesuksesan. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi berkumpul dengan kelompok crab mentality dan mulai bangun hubungan dengan teman-teman yang lebih suportif. Saat Anda dalam proses meraih kesuksesan, Anda akan memiliki teman-teman yang mendukung dan menyemangati Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout