Blog

ciri ciri kanker payudara

Kenali Ciri-Ciri Kanker Payudara di Stadium 1

Kanker payudara merupakan salah satu penyebab utama kematian pada wanita. Jenis kanker ini terjadi ketika sel pada jaringan payudara tumbuh dan berkembang secara tidak terkendali. Apa ciri-ciri kanker payudara?

Pada stadium 1, kanker payudara umumnya tidak menimbulkan gejala. Namun, kanker payudara bisa dikenali dari beberapa cirinya. Dengan mengenali ciri-ciri kanker payudara sejak dini, maka bisa ditangani lebih cepat. Berikut ciri-ciri kanker payudara yang perlu Anda ketahui.

Ciri-Ciri Kanker Payudara 

Hingga saat ini, penyebab pasti kanker payudara belum diketahui. Namun, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara, seperti kebiasaan merokok dan minum alkohol, obesitas, pertambahan usia, paparan radiasi, dan menopause. 

Kanker payudara memang jarang menimbulkan gejala, namun ada beberapa ciri kanker payudara yang khas di stadium 1. Semakin cepat kanker payudara terdeteksi, semakin besar pula peluang Anda untuk sembuh. Berikut ciri-ciri kanker payudara di tahap awal yang perlu Anda ketahui:

1. Munculnya benjolan di payudara

Salah satu ciri awal seseorang terkena kanker payudara adalah munculnya benjolan pada payudara. Benjolan ini umumnya berukuran 2 cm atau lebih kecil dan tidak selalu terasa sakit. Meski demikian, tidak semua benjolan pada payudara berarti kanker.

2. Warna kulit payudara berubah

Salah satu ciri kanker payudara lainnya adalah perubahan warna pada kulit payudara. Ketika seseorang mengalami kanker payudara, kulit payudara akan menjadi kemerahan seperti mengalami iritasi, tekstur dan warna kulit berkerut yang menyerupai kulit jeruk, serta terjadi penebalan kulit.

3. Puting terasa sakit

Munculnya perubahan pada bagian puting yang disertai rasa nyeri juga bisa menandai terjadinya kanker payudara, terutama pada stadium 1. Puting juga terkadang mengeluarkan cairan tidak normal atau justru masuk ke dalam payudara.

4. Muncul benjolan pada ketiak

Benjolan di bawah ketiak juga merupakan salah satu tanda seseorang terkena kanker payudara. Hal ini dikarenakan jaringan payudara meluas hingga ke bawah ketiak, sehingga kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak. Jika Anda merasakan adanya benjolan di bawah ketiak, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai kanker payudara. 

Diagnosis Kanker Payudara

Untuk mengenali ciri-ciri kanker payudara stadium 1 di atas, cobalah untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri. Waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan ini adalah 7-10 hari setelah menstruasi berakhir.

Pemeriksaan mandiri bisa Anda lakukan dengan meraba payudara untuk melihat kemungkinan adanya perubahan bentuk fisik pada payudara. Jika merasakan adanya kejanggalan pada payudara, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Pemeriksaan dini kanker payudara dapat dilakukan dengan berbagai metode, mulai dari pemeriksaan fisik payudara hingga pemeriksaan penunjang, seperti biopsi, mammografi, MRI, dan USG payudara.

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang mematikan. Semakin cepat penyakit ini terdeteksi, maka semakin tinggi angka keberhasilan pengobatannya. Untuk menurunkan risiko terjadinya kanker payudara stadium 1, Anda pun disarankan untuk menjalani pola hidup sehat. Jika Anda termasuk kelompok berisiko tinggi terkena kanker payudara atau mencurigai adanya ciri kanker payudara stadium 1, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan terkait kanker payudara.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout