Blog

ciri ciri anemia

Ciri-Ciri Anemia yang Banyak Dikenal dan Jarang Diketahui

Kurang darah atau anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya produksi hemoglobin di dalam tubuh, sehingga menimbulkan beberapa gejala, seperti mudah lelah, pucat, dan pusing. Apa ciri-ciri anemia lainnya?

Mengetahui ciri-ciri anemia sejak dini sangat penting agar tidak menimbulkan penyakit tertentu, bahkan komplikasi yang berbahaya. Apa ciri-ciri anemia yang paling banyak dikenal dan jarang diketahui? Simak penjelasan berikut.

Lihat Juga: Suplemen Penambah Darah Berbentuk Tablet Larut

Ciri-Ciri Anemia 

Anemia memang memiliki ciri-ciri yang banyak dikenali, namun ada banyak kasus anemia yang penderitanya tidak menyadari bahwa ia mengalami anemia. Berikut beberapa ciri anemia yang banyak dikenal mayarakat dan jarang diketahui:

1. Kelelahan

Kelelahan merupakan salah satu gejala yang paling umum dialami penderita anemia. Namun, kelelahan karena anemia disebabkan oleh tubuh kekurangan hemoglobin, sehingga berbeda dengan kelelahan biasa. Hemoglobin adalah protein khusus yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan mengangkutnya ke seluruh tubuh melalui bantuan sel darah merah.

2. Kulit pucat

Kulit yang terlihat pucat disebabkan oleh kadar hemoglobin yang berfungsi sebagai pemberi warna merah pada darah, rendah dalam tubuh. Jaringan kulit memiliki banyak pembuluh darah kecil dan rona kulit banyak dipengaruhi oleh sirkulasi darah yang lancar. Warna kulit yang terlihat pucat bisa terlihat pada seluruh bagian tubuh atau hanya bagian tubuh tertentu saja. Namun, bagian tubuh yang sering terlihat pucat adalah wajah, bagian dalam bibir, punggung kuku, kelopak mata bawah, serta gusi.

3. Sakit kepala

Sakit kepala yang muncul tiba-tiba bisa menjadi salah satu tanda anemia lainnya. Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan pasokan hemoglobin yang cukup. Hemoglobin tidak hanya berfungsi untuk memberi warna merah pada darah, namun juga berfungsi untuk membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Ketika kadar hemoglobin rendah dalam tubuh, maka pasokan oksigen tidak sampai ke otak, sehingga menyebabkan pusing, terutama saat berdiri setelah duduk atau berbaring.

4. Rambut rontok

Tubuh yang kekurangan zat besi membuat pasokan oksigen ke kulit dan folikel rambut menjadi berkurang, sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan rusak, bahkan memicu rambut rontok secara berlebihan dan berhenti tumbuh. Namun, jika asupan zat besi sudah terpenuhi dan tubuh terbebas dari kurang darah, umumnya rambut bisa tumbuh kembali.

5. Kuku rapuh

Ciri-ciri anemia yang disebabkan kekurangan zat besi lainnya adalah kuku rapuh, retak, dan mudah patah. Jika semakin parah, maka bentuk kuku bisa terlihat seperti sendok, di mana ujung kuku naik atau terangkat, sedangkan bagian tengah kuku datar. Namun, ciri-ciri ini diketahui jarang terjadi.

6. Sindrom restless leg

Kekurangan zat besi juga membuat penderitanya mengalami sindrom yang disebut restless leg atau kaki gelisah. Sindrom ini menyebabkan penderitanya mengalami getaran yang menjalar di kaki atau seperti aliran listrik, sehingga muncul dorongan untuk terus menggerakkan kaki seperti seseorang yang sedang gelisah.

7. Tangan dan kaki dingin

Tangan dan kaki dingin juga termasuk ciri-ciri kurang darah. Hal ini disebabkan oleh minimnya suplai oksigen yang dialirkan dari jantung menuju kedua bagian. Sebagian penderita anemia bahkan lebih mudah merasa dingin pada hari tertentu dibandingkan hari-hari lainnya.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout