Blog

cara scan pedulilindungi

Cara Scan Pedulilindungi untuk Memudahkan Hidup

Sudahkah Anda menggunakan cara scan aplikasi Pedulilindungi? Ya, Pedulilindungi adalah aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah dengan beragam manfaat. Saat ini, berbagai info aplikasi Pedulilindungi sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat selama pandemi.

Tidak hanya itu, aplikasi Pedulilindungi juga memiliki beragam manfaat, antara lain menyediakan info seputar peta penyebaran COVID-19, mendapatkan sertifikat vaksin, melihat hasil tes COVID-19, dan lainnya. Berikut penjelasan cara scan aplikasi pedulilindungi dari masing-masing info tersebut.

Cara Menggunakan Aplikasi Pedulilindungi

Aplikasi Pedulilindungi memiliki beragam manfaat, seperti cek dan download sertifikat vaksin, melihat hasil tes COVID-19, scan QR Code, serta cek statistik harian status COVID-19. Berikut cara untuk mendapatkan manfaat tersebut.

1. Cek Sertifikat Vaksin

Sertifikat vaksin kini digunakan sebagai syarat untuk menggunakan transportasi publik dan memasuki tempat-tempat umum. Anda bisa mendapatkannya di aplikasi Pedulilindungi dengan cara berikut:

  • Unduh aplikasi Pedulilindungi di Google Play Store atau App Store melalui ponsel Anda.
  • Buka aplikasi Pedulilindungi dan buat akun dengan menggunakan nomor ponsel yang terdaftar saat vaksin. Kemudian, Anda akan menerima SMS berisi kode OTP untuk verifikasi.
  • Masuk ke menu utama aplikasi Pedulilindungi. Klik ‘Akun’ di sebelah kanan atas.
  • Klik ‘Sertifikat Vaksin’ dan klik nama Anda.
  • Masukkan NIK untuk membuka sertifikat vaksin. Jika ingin mengunduhnya, klik ‘Unduh Sertifikat’ di bagian bawah.

2. Cek Hasil Tes COVID-19

Selain sertifikat vaksin, tes COVID-19 juga menjadi syarat perjalanan dengan menggunakan pesawat dan kereta api jarak jauh. Anda bisa cek hasil tes COVID-19 melalui aplikasi Pedulilindungi. Tunjukkan hasil tes COVID-19 tersebut kepada petugas dengan cara berikut:

  • Pastikan Anda melakukan tes COVID-19 di fasilitas kesehatan yang bekerjasa dengan Kementerian Kesehatan. Kemudian, petugas akan memasukkan hasil tes COVID-19 dengan NIK.
  • Buka aplikasi Pedulilindungi di ponsel Anda. Jika belum memiliki aplikasi Pedulilindungi, unduh terlebih dahulu dan registrasi atau login dengan menggunakan nomor ponsel.
  • Masuk ke menu utama aplikasi Pedulilindungi. Klik ‘Paspor Digital’ di bagian bawah peta.
  • Klik ‘Hasil Tes COVID-19’ dan akan muncul tampilan data hasil tes COVID-19 beserta QR Code.

3. Scan QR Code Sebelum Masuk Gedung

Untuk mencegah penyebaran virus COVID-19, kini pemerintah mewajibkan untuk scan QR Code sebelum masuk ke tempat-tempat umum, seperti mal, gedung perkantoran, restoran, dan lainnya. Caranya:

  • Buka aplikasi Pedulilindungi di ponsel Anda. Jika belum memiliki aplikasi Pedulilindungi, unduh terlebih dahulu dan registrasi atau login dengan menggunakan nomor ponsel.
  • Masuk ke halaman utama aplikasi Pedulilindungi, klik ‘Scan QR Code’ di bagian atas peta.
  • Scan QR Code yang ada di aplikasi pintu mal, kemudian klik ‘Check-in’.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan hasil scan QR Code yang menunjukkan warna tertentu. Hijau artinya diperbolehkan masuk, kuning artinya verifikasi ulang oleh petugas, dan merah artinya tidak boleh masuk.
  • Saat keluar gedung, lakukan scan QR Code kembali untuk check-out agar Anda bisa masuk ke gedung lainnya.

Itulah beberapa info aplikasi Pedulilindungi yang penting untuk Anda ketahui. Pastikan Anda dapat menggunakan aplikasi Pedulilindungi dengan benar untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi Pedulilindungi, Anda bisa menghubungi hotline Kementerian Kesehatan di 119 ext 9 atau Call Center Pedulilindungi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout