Blog

kulit gatal kemerahan ruam

Cara Menghilangkan Gatal di Tubuh Secara Alami dan Cepat

Gatal di tubuh bisa disebabkan oleh berbagai hal, baik itu karena inflamasi, suhu yang dingin dan kering, gigitan serangga atau alergi makanan atau bahan-bahan tertentu. Penanganannya ini juga akan berbeda-beda dan tergantung dari penyebabnya tetapi Anda bisa menggunakan cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat. 

1. Kompres

Cara menghilangkan gatal di badan ini Anda bisa menggunakan metode kompres dengan suhu yang dingin. Misalnya, gatal yang disebabkan oleh alergi, gatal yang disebabkan oleh luka meradang maupun gatal yang disertai pembengkakan di area sekitarnya. 

Tujuan dilakukan kompres ini agar nantinya kulit bisa terasa lebih tenang, meredakan inflamasi serta peradangan yang bisa saja terjadi. 

2. Gunakan Lotion Ketika Udara Kering dan Dingin

Rasa gatal pada tubuh ini salah satu pemicunya adalah dimana keadaan kulit sedang kering karena memang kurang terhidrasi dengan baik dan kondisi udara yang menunjang. Jika suhu terasa sangat kering dan panas maupun dingin dan kering bisa mengakibatkan kulit kehilangan kelembaban. 

Kondisi ini akan membuat kulit menjadi terasa geli, bersisik dan gatal. Bukan hanya itu saja, paparan pembersih seperti hand sanitizer serta sabun juga bisa mengakibatkan kelembaban kulit menjadi hilang. Selain itu, timbul rasa gatal dan bentol disertai dengan air yang mengganggu. 

Cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat ini bisa Anda coba dengan menggunakan pelembab maupun lotion yang sesuai kebutuhan kulit tubuh. Bila Anda menginginkan yang lebih aman, pilih yang tidak memiliki kandungan pewangi, ramah pada kulit yang sensitif, memberikan perlindungan dari sinar UV dan memiliki kelembaban yang baik. 

3. Minyak Herbal 

Hampir semua orang akan mempunyai minyak herbal yang digunakan untuk membantu penyembuhan. Misalnya, minyak kayu putih, minyak telon, minyak tawon dan lain sebagainya. Bahkan ada beberapa di antaranya dapat digunakan untuk membantu menghangatkan badan dan mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

Anda dapat menggunakan minyak herbal tersebut untuk membantu mengatasi gatal pada tubuh. Misalnya, gatal  gigitan serangga maupun karena goresan. Pastikan lebih dahulu jika kulit Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan di dalam minyak tersebut. 

Minyak herbal ini memiliki kandungan berbagai bahan alami yang dicantumkan pada kemasannya dan sesuai dengan jenisnya. Bahan paling populer adalah eukaliptus. Cara menghilangkan gatal di badan secara alami dengan eukaliptus ini memang cukup populer. 

Hal ini disebabkan karena daun eucalyptus dan menthol memang bisa membantu dalam mengatasi masalah yang disebabkan kuman serta bakteri dan meredakan peradangan yang ringan. Inilah yang membuatnya cocok digunakan pada kasus gatal ringan. 

4. Minyak Menthol 

Cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat juga bisa memanfaatkan minyak mentol. Mentol ini mempunyai efek mendinginkan dan bisa membantu untuk menghilangkan rasa gatal di kulit. 

Cara menghilangkan gatal dengan minyak mentol ini sangat praktis untuk dilakukan. Anda hanya harus mengoleskan minyak essential oil mentol yang diencerkan ke area yang terasa gatal. Pakai kurang lebih selama dua minggu. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout