Blog

Ada beragam bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah, berikut selengkapnya.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Flek hitam merupakan bintik-bintik kecil berwarna lebih gelap di kulit dan biasanya terjadi pada orang dengan kulit putih. Flek hitam disebabkan karena meningkatnya produksi pigmen alami kulit (melanin). Untuk mengatasinya, ada beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami.

Munculnya flek hitam membuat wajah terlihat kusam, sehingga sering kali memengaruhi penampilan, bahkan kepercayaan diri. Untuk mencegah hal ini, Anda bisa melakukan cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami berikut. 

Ada beragam bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah, yaitu:

1. Lemon 

Kandungan vitamin C dalam lemon menyimpan segudang manfaat untuk menjaga kesehatan kulit, salah satunya membantu meratakan dan mencerahkan warna kulit secara efektif. Caranya, siapkan air perasan lemon dan kapas, lalu basahi kapas dengan perasan air lemon, aplikasikan pada wajah hingga merata, diamkan beberapa menit, bilas hingga bersih. Agar hasilnya optimal, lakukan cara ini secara rutin.

2. Bawang putih

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, bawang putih juga bisa digunakan untuk kecantikan kulit. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu menghilangkan flek hitam. Caranya, iris atau tumbuk bawang putih, lalu aplikasikan pada flek hitam di wajah, diamkan selama 30 menit, bilas hingga bersih.

3. Lidah buaya

Lidah buaya sejak lama digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Namun, ternyata kandungan senyawa asam salisilat dan aloin pada lidah buaya juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan flek hitam di area wajah secara efektif. Caranya, ambil gel lidah buaya, lalu aplikasikan pada area wajah yang terdapat flek hitam, bilas hingga bersih esok paginya. Lakukan cara ini setiap sebelum tidur malam untuk hasil yang optimal. 

4. Kentang dan madu

Kombinasi kentang dan madu juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami. Selain sebagai bahan makanan, kentang mengandung beragam zat alami yang berfungsi untuk membantu mencerahkan kulit. Caranya, campurkan kentang, madu, susu bubuk, dan air perasan lemon, lalu gunakan sebagai masker wajah alami.

Sedangkan, madu mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit lebih cerah, terutama pada bagian area wajah yang terdapat flek hitam, sehingga dapat membantu mengatasi pigmentasi pada kulit.

5. Cuka apel

Salah satu penyebab flek hitam adalah efek samping penggunaan alat kontrasepsi tertentu, misalnya pil atau suntik KB. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan cuka apel. Cuka apel mengandung asam asetat yang berfungsi untuk membantu mencerahkan dan meratakan kulit wajah.

Untuk mendapatkan manfaat cuka apel, siapkan beberapa tetes cuka apel dan air pada mangkuk, kemudian aplikasikan pada area kulit yang terdapat flek hitam atau noda bekas jerawat hingga merata, diamkan sekitar 2-3 menit, lalu bilas hingga bersih. Agar hasilnya optimal, lakukan cara ini secara rutin. 

Jika Anda sudah melakukan cara-cara menghilangkan flek hitam di atas, namun flek hitam tidak kunjung hilang atau semakin parah, segera berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout