Blog

cara mengatasi rambut rontok

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Rambut rontok merupakan kondisi yang banyak dialami oleh sebagian besar orang. Normalnya, akan ada sekitar 50-100 helai rambut yang rontok. Jika jumlahnya lebih dari itu dan berlangsung terus menerus, maka perlu diwaspadai. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mengatasi rambut rontok yang dapat Anda lakukan.

Meski bisa diatasi secara medis, namun Anda juga bisa mencoba berbagai cara mengatasi rambut rontok di rumah, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami hingga memenuhi asupan nutrisi untuk memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Berikut 4 cara mengatasi rambut rontok yang bisa dilakukan di rumah:

Jangan terlalu sering keramas

Anggapan yang mengatakan bahwa keramas setiap hari dapat menjaga kondisi rambut tetap sehat tidaklah benar. Hal ini dikarenakan penggunaan sampo yang terlalu sering dapat menyebabkan rambut kering, mudah patah, dan terlihat tipis. Selain itu, mengeringkan rambut setelah keramas dengan menggunakan handuk secara kencang juga dapat membuat rambut rontok. Untuk mencegahnya, sebaiknya keramas 1-3 kali seminggu saja dan keringkan rambut dengan handuk secara lembut.

Menggunakan bahan-bahan alami

Cara mengatasi rambut rontok lainnya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti lidah buaya dan minyak kelapa. Kedua bahan alami tersebut sejak lama dipercaya efektif dalam mengatasi rambut rontok dan merawat kulit kepala. Bahkan, lidah buaya juga dipercaya berkhasiat untuk mengurangi ketombe dan produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung asam lemak yang berfungsi untuk menyerap ke dalam rambut dan menggantikan protein rambut yang hilang. 

Mencukupi asupan nutrisi

Mencukupi asupan nutrisi tidak hanya bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh, namun juga menjaga kesehatan rambut. Memenuhi asupan nutrisi yang seimbang juga merupakan bagian dari cara mengatasi rambut rontok secara alami. Beberapa jenis nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan rambut, terutama mengatasi rambut rontok, antara lain:

Protein dan omega-3

Mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan asam lemak omega-3, seperti ikan salmon dan telur, dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan membuat rambut tumbuh kuat dan berkilau.

Vitamin

Beberapa jenis vitamin yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan rambut, antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Dengan memenuhi asupan vitamin tersebut, dapat menjaga kesehatan kulit kepala, mencegah dan mengatasi rambut rontok, serta menyuburkan rambut.

Menerapkan pola hidup sehat

Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh beberapa jenis penyakit, seperti anemia dan kurang gizi, serta stres berlebihan. Oleh karena itu, untuk mencegah kerontokan rambut, Anda perlu menerapkan pola hidup sehat, seperti menghindari stres, berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, serta melakukan meditasi.

Tata rambut dengan lembut

Berbagai penataan rambut, seperti mewarnai dan mencatok, dapat membuat rambut rusak, kering, dan iritasi. Untuk mengatasinya, sebaiknya hindari berbagai penataan rambut tersebut. Selain itu, jika Anda ingin mengeringkan rambut dengan pengering rambut, hindari menggunakan suhu panas agar rambut tidak rusak.

Untuk mengatasi rambut rontok, hasilnya memang tidak dapat dilihat dalam waktu yang singkat. Agar hasilnya lebih optimal, perlu didukung dengan melakukan beberapa cara alami secara rutin dan berkala. Jika Anda telah mencoba berbagai cara alami di atas, namun rambut masih rontok, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout