Blog

cara download pedulilindung

Cara Download Pedulilindungi yang Mudah dan Aman

Dengan semakin digencarkannya vaksinasi COVID-19 di Indonesia, memiliki sertifikat vaksin menjadi sangat penting. Tidak hanya untuk menunjukkan seseorang sudah divaksin, namun juga berguna untuk memudahkan aktivitas dan perjalanan warga di masa pandemi. Untuk memiliki sertifikat vaksin, Anda bisa mendapatkannya secara digital dengan mengetahui cara download Pedulilindungi.

Sesuai dengan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 966 Tahun 2021 tentang PPKM level 4 COVID-19, maka orang yang sudah divaksin bisa masuk ke tempat umum atau transportasi publik. Agar bisa memasuki tempat umum, masyarakat wajib memiliki sertifikat vaksin yang tersedia di aplikasi Pedulilindungi. Untuk memiliki aplikasi Pedulilindungi, Anda perlu mengetahui cara download Pedulilindungi berikut.

Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

Sertifikat vaksin digital kini digunakan sebagai syarat wajib bagi masyarakat untuk memasuki tempat umum dan menggunakan transportasi publik. Untuk mendownload dan mengecek sertifikat vaksin, Anda bisa mengaksesnya melalui situs web resmi dan aplikasi Pedulilindungi. Berikut caranya:

Melalui Situs Web

● Buka situs web Pedulilindungi di pedulilindungi.id melalui ponsel atau laptop.

● Akan muncul tampilan Login/Register di bagian kanan atas layar.

● Jika Anda belum memiliki akun, registrasi dengan klik tombol ‘Register’.

● Jika Anda sudah memiliki akun, klik tombol ‘Login’.

● Masukkan nomor ponsel dan tekan Login. Setelah itu, akan muncul tampilan akun yang Anda daftarkan.

● Kemudian, klik nama akun. Setelah itu, akan muncul sejumlah pilihan menu dan pilih ‘Sertifikat’. Jika Anda ingin mengecek dan mendownload sertifikat, pilih ‘Sertifikat Vaksin’.

● Akan muncul sertifikat sesuai dengan jumlah dosis yang diterima.

● Klik sertifikat yang Anda inginkan, klik ‘Unduh Sertifikat’ untuk download.

Melalui Aplikasi

● Pastikan Anda sudah memiliki aplikasi Pedulilindungi di ponsel. Jika belum, segera unduh di App Store atau Google Play Store.

● Masuk ke aplikasi. Jika Anda belum memiliki akun, pilih ‘Register’ dengan memasukkan data yang diminta. Jika Anda sudah memiliki akun, pilih ‘Login’.

● Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan beberapa informasi, yaitu Nama Lengkap, NIK, dan Nomor Ponsel.

● Anda akan menerima One Time Password atau OPT yang dikirimkan melalui SMS.

● Kemudian, klik ‘Paspor Digital’. Pilih nama untuk menampilkan sertifikat vaksin, lalu klik ‘Unduh’ untuk mendownload dan menyimpan sertifikat vaksin.

● Sertifikat telah diunduh. Selanjutnya, Anda bisa logout dari akun Pedulilindungi.

Mengapa Perlu Cek Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi?


Mulai 28 Agustus 2021, Kementerian Perhubungan secara serentak memberlakukan aplikasi Pedulilindungi sebagai syarat wajib dalam penggunaan semua moda transportasi. Selain itu, aplikasi Pedulilindungi juga digunakan sebagai syarat untuk memasuki tempat-tempat umum, seperti mal, cafe, gedung perkantoran, dan lainnya. Dengan mengetahui cara download dan cek sertifikat vaksin di Pedulilindungi, akan memudahkan aktivitas Anda di masa pandemi.

Untuk mendapatkan aplikasi Pedulilindungi, Anda dapat mengunduhnya di Google Play Store dan App Store. Ada beragam manfaat yang ditawarkan untuk membantu Anda dalam melakukan cek sertifikat vaksin di Pedulilindungi, yaitu pendaftaran vaksin, paspor digital, info penting, tele dokter, serta cek sertifikat vaksin.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout