Blog

pedulilindungi hasil pcr

Cara Cek Pedulilindungi Hasil PCR di Situs dan Aplikasi

Untuk mencegah penyebaran virus COVID-19, pemerintah memberlakukan Pedulilindungi hasil PCR sebagai syarat perjalanan. Hasil tes antigen dan PCR melalui aplikasi Pedulilindungi digunakan sebagai syarat perjalanan, seperti penggunaan pesawat atau kereta api jarak jauh. Syarat perjalanan tersebut bertujuan untuk mendeteksi keberadaan penyebab COVID-19.

Maraknya kasus pemalsuan tes PCR berbentuk kertas, mendorong pemerintah untuk menerapkan aplikasi Pedulilindungi sebagai bukti hasil tes polymerase chain reaction. Selain itu, cara ini juga lebih praktis dan mudah dicek kapan saja, karena dapat diunduh di ponsel melalui Google Play Store dan App Store. Bagaimana cara mengecek hasil PCR di Pedulilindungi? Simak penjelasannya berikut.

 

Cara Mengecek Pedulilindungi Hasil PCR

Untuk memudahkan perjalanan darat, laut, dan udara, pemerintah telah memberlakukan hasil polymerase chain reaction di Pedulilindungi sebagai syarat wajib. Untuk mengeceknya, Anda bisa menggunakan aplikasi atau situs web resmi Pedulilindungi. Berikut caranya:

 

  1. Cara Mengecek Hasil PCR di Aplikasi Pedulilindungi

Aplikasi Pedulilindungi dikembangkan oleh pemerintah untuk memudahkan aktivitas Anda sehari-hari. Aplikasi ini memiliki beragam manfaat, seperti cek sertifikat vaksin, mengetahui perkembangan terbaru peta penyebaran COVID-19 di Indonesa, menggunakan scan QR Code untuk memasuki tempat-tempat umum, serta melihat hasil PCR. Berikut cara mudah untuk mengecek hasil polymerase chain reaction di aplikasi Pedulilindungi:

 

  • Lakukan tes PCR di fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan terlebih dahulu.
  • Setelah itu, pihak penyedia tes PCR yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan akan menginput hasil tes PCR Anda sesuai dengan NIK. Agar terhindar dari masalah, pastikan saat diminta mengisi NIK, nama lengkap, dan nomor ponsel, Anda sudah mengisi data dengan benar.
  • Kemudian, buka aplikasi Pedulilindungi di ponsel Anda. Jika belum memiliki aplikasi ini, segera unduh melalui Google Play Store dan App Store. Lalu, lakukan registrasi atau login dengan menggunakan nomor ponsel yang terdaftar.
  • Masuk ke menu utama aplikasi Pedulilindungi. Klik ‘Paspor Digital’ di bagian bawah peta.
  • Setelah itu, klik ‘Hasil Tes COVID-19’ yang berada di bagian atas. Jika data tes PCR yang Anda lakukan telah diinput, maka akan muncul tampilan hasil tes COVID-19 beserta QR Code.

 

 

  1. Cara Mengecek Hasil PCR di Situs Web Pedulilindungi

Selain aplikasi, Anda juga bisa menggunakan situs web Pedulilindungi untuk mengecek hasil tes polymerase chain reaction. Caranya cukup mudah, yaitu:

 

  • Buka situs web https://cekmandiri.pedulilindungi.id/ melalui browser Anda.
  • Setelah itu, masukkan NIK sesuai KTP Anda. Pastikan untuk memasukkan NIK dengan benar dan jangan lupa untuk centang ‘Saya bukan robot’. Kemudian, klik tombol ‘Submit’.
  • Selanjutnya, di bawah tombol ‘Submit’ akan muncul tampilan data vaksin, hasil tes PCR, serta hasil antigen.
  • Jika Anda telah melakukan tes PCR atau antigen, maka akan muncul tampilan tanggal dilakukan tes tersebut. Jika tanggal telah memenuhi syarat perjalanan, maka Anda bisa melanjutkan perjalanan.

Dengan mengetahui cara cek Pedulilindungi hasil PCR melalui situs web dan aplikasi, maka Anda akan terhindar dari berbagai masalah sebelum melakukan perjalanan. Selain itu, cara ini juga akan mencegah terjadinya bukti PCR atau antigen palsu yang lolos pengawasan petugas. Selamat melakukan perjalanan dan tetap jaga kesehatan Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout