Blog

ibu hamil minum kopi

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi dan Bahayakah Efek Sampingnya?

Dengan rasa yang khas dan membuat segar seharian, kopi merupakan minuman yang banyak disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga orang tua. Namun, bolehkah ibu hamil minum kopi dan adakah pengaruh kopi selama kehamilan?

Meski ada mitos yang mengatakan ibu hamil dilarang minum kopi, namun sebenarnya yang harus dihindari adalah kandungan kafein dalam kopi. Bolehkah ibu hamil minum kopi dan adakah efek samping kopi yang perlu dihindari? Berikut penjelasannya.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

Hingga saat ini, masih ada pro dan kontra mengenai boleh atau tidaknya ibu hamil minum kopi. Sebagian mengatakan ada yang boleh, sebagian ada yang mengatakan boleh, asalkan tidak berlebihan. Mana yang benar? Faktanya, ibu hamil masih diperbolehkan minum kopi, namun perlu sesuai takaran dan tidak perlu menghentikan kebiasaan minum kopi. Pastikan ibu hamil minum kopi tidak lebih dari 200 mg kafein atau dua cangkir kopi instan atau satu cangkir kopi filter, dalam sehari. 

Takaran kopi yang boleh diminum ibu hamil juga memiliki aturan yang perlu ditaati. American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) dan para ahli lainnya menyarankan ibu hamil untuk minum kopi hingga 200 milligram kafein dalam sehari atau sekitar satu cangkir kopi 12 ons setiap hari. Jika lebih dari takaran yang disarankan, menurut jurnal Coffee and Pregnancy, mungkin bisa meningkatkan risiko keguguran. Meski demikian, hal ini belum bisa dipastikan secara ilmiah.

Bagi ibu hamil yang memiliki kebiasaan minum kopi, dokter merekomendasikan untuk minum kopi dengan takaran maksimal 200 miligram. Hal ini dikarenakan mengonsumsi kafein berlebihan bisa meningkatkan risiko keguguran dan memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah. Bayi yang terlahir dengan berat badan rendah dapat berisiko mengalami masalah kesehatan saat mereka beranjak dewasa. Selain itu, kafein yang berlebihan juga dapat menembus penghalang plasenta yang membahayakan nyawa janin.

Adakah Manfaat Kafein Selama Kehamilan?

Kopi yang dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai takaran telah terbukti dapat meningkatkan energi dan kewaspadaan selama kehamilan. Selain itu, minum kopi di pagi hari juga bisa membuat ibu hamil merasa lebih bersemangat sepanjang hari. Sejauh ini, belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa kafein memiliki manfaat tertentu selama kehamilan. Intinya, sebenarnya tidak ada masalah bagi ibu hamil untuk mengonsumsi sedikit kafein, jika benar-benar membutuhkannya. 

Selama kehamilan, penting untuk memperhatikan apa yang masuk ke dalam tubuh. Namun, bukan berarti ibu hamil tidak bisa menikmati secangkir kopi di pagi hari. Demikian halnya dengan minuman yang mengandung kafein lainnya, seperti teh, ibu hamil juga perlu memperhatikan jumlah asupan yang masuk ke dalam tubuh. 

Agar kesehatan diri dan janin terjaga, pastikan inu hamil menghindari minum kopi setiap hari. Untuk menjaga stamina tubuh tanpa kafein, ibu hamil bisa mengonsumsi vitamin pre natal. Meski ibu hamil yang terbiasa minum kopi setiap hari sebelum hamil sedikit terganggu dengan aturan ini, namun ingatlah hal ini hanya terjadi saat hamil saja. Setelah melahirkan, Anda bisa kembali minum beberapa cangkir kopi favorit tanpa khawatir.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout