Blog

Beragam Obat Nyeri Otot Alami: Chamomile Hingga Kurkumin

Beragam Obat Nyeri Otot Alami: Chamomile Hingga Kurkumin

Nyeri otot adalah hal yang umum dialami ketika seseorang beraktivitas fisik tanpa henti. Namun, keadaan ini juga dapat dialami orang dengan penyakit tertentu. Selain obat-obatan, obat nyeri otot alami bisa menjadi pilihan untuk mengurangi nyeri otot.

Meski tidak berbahaya, namun nyeri otot berisiko menimbulkan ketidaknyamanan, sehingga mengganggu aktivitas Anda. Untuk mengurangi nyeri, berikut pilihan obat nyeri otot alami yang bisa Anda coba.

Pilihan Obat Nyeri Otot Alami yang Ampuh

Berikut bahan-bahan alami yang dapat dikonsumsi untuk meringankan nyeri otot:

1. Chamomile

Kandungan flavonoid dalam chamomile berfungsi untuk meringankan peradangan yang memicu nyeri otot. Untuk mendapatkan manfaatnya, seduh bunga chamomile kering, lalu nikmati teh chamomile. Anda juga bisa mengoleskan minyak esensial chamomile secara langsung ke area yang nyeri.

2. Peppermint

Peppermint adalah obat nyeri otot alami lainnya. Bahan alami ini bermanfaat untuk merilekskan otot yang tegang, meringankan nyeri, dan mengandung menthol yang memberikan efek dingin. Caranya, aplikasikan minyak esensial peppermint secara langsung ke area otot yang nyeri atau tegang.

3. Makanan kaya vitamin D

Meningkatkan asupan vitamin D juga dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri otot. Vitamin D didapatkan dari sinar matahari pagi dan beragam makanan, misalnya salmon, kuning telur, hati sapi, dan susu yang difortifikasi.

4. Kurkumin

Kurkumin adalah senyawa aktif yang ada di sejumlah bahan alami, yaitu kunyit, jahe, dan kayu manis. Senyawa ini memiliki sifat antiperadangan, sehingga ampuh meringankan peradangan setelah beraktivitas fisik atau olahraga. Kurkumin juga dapat melemaskan otot-otot yang tegang.

Cara Mengatasi Nyeri Otot Lainnya

Selain bahan-bahan alami di atas, ada beragam cara meringankan nyeri otot lainnya, yaitu:

1. Kompres dingin

Kompres air dingin adalah cara ampuh mengobati nyeri otot. Cara ini bermanfaat untuk meringankan pembengkakan dan peradangan yang memicu nyeri otot. Meski demikian, Anda tidak dianjurkan untuk mengompres es batu ke kulit secara langsung. Hal ini memicu peradangan yang justru mengganggu jaringan, karena suhu yang sangat dingin. Oleh karena itu, pakai kain atau handuk pembungkus es untuk mengompres selama 15-20 menit.

2. Posisi yang nyaman 

Menerapkan posisi yang nyaman juga bisa diterapkan untuk meringankan nyeri otot. Hindari posisi duduk, berbaring, atau berdiri yang memicu nyeri otot memburuk. Pastikan juga Anda memiliki postur tubuh yang baik, sehingga kesehatan otot terjaga dan mencegah munculnya nyeri atau masalah otot lain. Postur tubuh yang salah adalah salah satu pemicu munculnya nyeri otot.

3. Peregangan

Melakukan peregangan adalah cara efektif untuk meringankan nyeri otot, misalnya yoga. Olahraga ini bermanfaat untuk melenturkan dan menguatkan otot. Agar terhindar dari cedera, terapkan yoga dengan tepat setidaknya seminggu sekali. Meski demikian, hindari melakukan yoga berlebihan, karena justru memicu nyeri otot semakin parah.

Perpaduan bahan-bahan alami dan cara-cara di atas efektif untuk mengobati nyeri otot yang mengganggu. Namun, jika nyeri otot tidak sembuh setelah menerapkan cara-cara di atas, sebaiknya periksa ke dokter untuk didiagnosis penyebabnya, sehingga diberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout