Blog

aturan minum vitamin b complex

Aturan Minum Vitamin B Complex: Dosis dan Kandungan yang Tepat

Vitamin B complex merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Selain sumber alami vitamin B, Anda juga bisa memenuhi asupan vitamin B melalui suplemen. Kebutuhan vitamin B setiap orang berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, dan kondisi tubuh. Bagaimana aturan minum vitamin B complex yang tepat?

Lihat Juga: Vitamin B-Complex – Suplemen Daya Tahan Tubuh

Meski ada beragam jenis suplemen vitamin B complex, namun Anda perlu mengetahui dosis dan kandungan suplemen vitamin B complex yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu, bagaimana aturan minum vitamin B complex yang tepat? Sebelum membahas hal tersebut, mari cari tahu jenis multivitamin apa yang Anda butuhkan berikut: 

Ketahui Jenis Multivitamin yang Anda Butuhkan

Vitamin B complex terdiri dari 8 jenis, yaitu B1, B2, B6, hingga B12. Setiap jenis vitamin tersebut memiliki fungsi yang bervariasi. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi multivitamin B yang tepat, pastikan Anda memeriksa setiap kandungan dan fungsi vitamin B di dalamnya. Berikut 3 jenis vitamin B dan manfaatnya bagi tubuh:

1. Vitamin B1 untuk mendukung metabolisme karbohidrat

Anda sedang dalam program diet atau banyak mengonsumsi karbohidrat atau makanan manis? Vitamin B1 adalah jenis suplemen yang direkomendasikan untuk Anda. Fungsi vitamin B1 adalah mengubah nutrisi tersebut menjadi energi, sehingga efektif untuk digunakan kembali saat kelelahan. Selain itu, vitamin B1 juga berfungsi untuk menjaga sistem saraf agar berfungsi secara optimal dan membantu tubuh dan pikiran dapat bekerja dengan optimal.

2. Vitamin B2 untuk mencegah kanker

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi gorengan, maka vitamin B2 sangat disarankan untuk Anda. Vitamin B2 berfungsi untuk membantu metabolisme lipid/lemak. Perlu diingat, ketika minyak teroksidasi, maka akan berubah menjadi lipid peroksida yang berisiko merusak membran sel dan DNA dan menimbulkan aterosklerosis, sehingga memicu timbulnya kanker. Dengan mengonsumsi vitamin B2 secara rutin, maka berbagai risiko kesehatan dapat dicegah.

3. Vitamin B6 untuk metabolisme asam amino

Beberapa manfaat vitamin B6, antara lain membentuk otot, mengurangi rasa nyeri karena menstruasi, serta mengatasi alergi. Vitamin B6 juga berfungsi untuk membantu metabolisme protein dan mengubahnya menjadi energi yang bisa digunakan. Oleh karena itu, manfaat B6 ini sangat disarankan untuk Anda yang hobi olahraga, lari maraton, dan latihan ketahanan tubuh. Selain itu, vitamin B6 juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, memperkuat otot, serta membantu proses metabolisme asam amino. 

Aturan Minum Vitamin B Complex yang Tepat

Ada beragam jenis suplemen vitamin B yang dijual di pasaran. Agar sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu memeriksa komposisi dan dosis dalam suplemen. Untuk memudahkan Anda, berikut perkiraan asupan vitamin B harian bagi tubuh:

  1. Vitamin B1: 1,2 – 1,4 miligram untuk pria dewasa dan 0,9 – 1,1 miligram untuk perempuan dewasa.
  2. Vitamin B2: 1,3 – 1,6 miligram untuk pria dewasa dan 1,1 – 1,2 miligram untuk perempuan dewasa.
  3. Vitamin B6: 1,4 miligram untuk pria dewasa dan 1,2 miligram untuk perempuan dewasa.
  4. Niasin: 13 – 14 miligram untuk pria dewasa dan 10 – 11 miligram untuk perempuan dewasa.
  5. Asam pantotenat: 5 miligram untuk pria dewasa dan 4 – 5 miligram untuk perempuan dewasa.
  6. Asam folat: 240 mikrogram untuk pria dan perempuan dewasa.
  7. Biotin: 2,14 mikrogram untuk pria dan perempuan dewasa.
  8. Vitamin B12: 50 mikrogram untuk pria dan perempuan dewasa.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout