Blog

apa yang dimaksud hepatitis akut

Apa yang Dimaksud Hepatitis Akut: Penyebab dan Gejalanya

Apa yang dimaksud hepatitis akut? Penyakit ini adalah kondisi peradangan dan kelainan pada organ hati, sehingga menyebabkan terganggunya fungsi hati. Penyakit ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu hepatitis akut dan hepatitis kronis.

Meski cukup umum ditemukan di seluruh dunia, namun gejala hepatitis akut banyak yang tidak terdeteksi, sehingga sering diabaikan. Apa yang dimaksud hepatitis akut, penyebab, dan gejalanya? Simak penjelasan berikut.

Penyebab Hepatitis Akut 

Hepatitis akut umumnya bisa sembuh dalam waktu kurang dari 6 bulan. Namun, jika peradangan terjadi lebih dari 6 bulan, penyakit ini tergolong kronis dan bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya, seperti kanker hati, gagal hati, dan sirosis. Hepatitis akut umumnya disebabkan oleh infeksi dari virus, namun ada juga beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan hepatitis akut berikut:

1. Virus hepatitis

Penyebab umum hepatitis akut adalah infeksi virus. Virus yang menyebabkan kondisi ini dibagi menjadi lima jenis, yaitu virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Hepatitis A dan E yang akut bisa sembuh total dalam waktu kurang dari 6 bulan. Sedangkan hepatitis B, C, dan D umumnya dapat berkembang menjadi hepatitis kronis, bahkan bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya,

2. Konsumsi minuman beralkohol

Hepatitis akut juga bisa terjadi karena adanya kerusakan pada jaringan hati yang disebabkan oleh kebiasaan minum minuman beralkohol secara berlebihan. Kondisi ini disebut dengan hepatitis alkoholik, dan biasanya ditandai dengan demam ringan, mual, dan rasa tidak enak badan. Selain itu, kerusakan pada jaringan hati karena terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa berkembang menjadi sirosis jika penderita tetap mengonsumsi alkohol. Untuk mencegah hal ini, penderita hepatitis alkoholik harus segera mengentikan kebiasan minum minuman beralkohol.

3. Konsumsi obat-obatan

Penyebab hepatitis akut berikutnya adalah konsumsi obat-obatan tertentu dalam dosis yang berlebihan. Kebiasaan ini juga bisa menyebabkan organ hati mengalami peradangan. Contoh obat-obatan tersebut, antara ain aspirin, paracetamol, obat-obatan herbal, serta obat golongan sulfa. Meski kasusnya tidak banyak, namun hepatitis yang disebabkan konsumsi obat-obatan tidak boleh dianggap remeh, karena bisa mengakibatkan gagal hati.

Gejala Hepatitis Akut

Banyak penderita hepatitis akut yang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami gangguan fungsi hati. Hal ini dikarenakan hepatitis akut jarang yang menimbulkan gejala. Namun, ada beberapa gejala yang bisa menandakan seseorang terkena hepatitis akut. Berikut beberapa di antaranya:

  • Kelelahan
  • Demam
  • Nafsu makan menurun
  • Demam
  • Rasa tidak enak badan
  • Sakit perut
  • Diare
  • Muntah
  • Urine berwarna lebih gelap
  • Feses berwarna pucat

Mengingat hepatitis akut bisa muncul tanpa gejala dan dapat berkembang menjadi hepatitis kronis, Anda perlu melakukan beberapa langkah pencegahan sejak dini, salah satunya dengan mendapatkan vaksin hepatitis A dan vaksin hepatitis B.

Selain itu, hepatitis akut juga bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengurangi atau menghindari konsumsi minuman beralkohol, menghindari penyalahgunaan obat terlarang, menjaga kebersihan makanan, serta menggunakan kondom saat berhubungan intim.

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala hepatitis akut yang telah dijelaskan di atas, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan menyeluruh, sehingga penyebab hepatitis akut bisa diketahui dan ditangani dengan tepat.

Lihat Juga: Hepa- Q Suplemen untuk menjaga kesehatan hati

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout