Blog

Apa saja aktivitas yang termasuk stress relief? Simak infomasi selengkapnya mengenai stres dan cara mengatasinya berikut.

Apa itu Stress Relief? Ini Pengertian dan Cara Menerapkannya

Stres adalah kondisi yang umum dialami banyak orang dan dipicu oleh tekanan atau kekhawatiran. Misalnya, kesibukan pekerjaan, kesulitan mengurus anak, atau keuangan yang tidak baik. Untuk mengatasinya, stress relief adalah pilihan yang tepat.

Stress relief adalah beragam upaya yang diperlukan untuk mengurangi stres dengan efektif. Apa saja aktivitas yang termasuk stress relief? Simak infomasi selengkapnya mengenai stres dan cara mengatasinya berikut.

Mengenal Apa itu Stres

Stres adalah respon alami tubuh ketika menangani beragam tekanan atau kekhawatiran. Respon ini mendorong Anda untuk melakukan tindakan untuk mencegah tekanan atau bahaya yang mungkin terjadi. Stres ditandai oleh pernapasan yang cepat, kenaikan tekanan darah, dan otot menegang. Pemicu stres setiap orang dapat berbeda-beda, karena respon Anda dalam mengantisipasi stres juga berbeda dengan orang lain.

Pilihan Stress Relief yang Efektif 

Stress relief adalah aktivitas yang diterapkan untuk meringankan stres. Berikut pilihan stress relief yang mudah dan efektif untuk Anda coba:

1. Olahraga

Ingin aktivitas nyaman tanpa stres? Rutinlah berolahraga. Berolahraga ampuh untuk menciptakan kebahagiaan, mengalihkan perhatian Anda dari tekanan dan kekhawatiran, dan merilekskan tubuh. Pilih olahraga yang simpel dan mudah diterapkan, misalnya jalan santai, bersepeda, atau renang.

2. Membangun momen bersama orang-orang tercinta

Menurut penelitian, orang yang tidak membangun hubungan sosial berisiko terkena anxiety disorder dan depresi. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau sahabat agar cepat keluar dari tekanan dan kekhawatiran yang memicu stres. Membangun momen bersama orang-orang tercinta juga menjauhkan Anda dari perasaan sendiri atau terasing, sehingga ampuh meringankan stres secara alami.

3. Membatasi kafein

Membatasi kafein juga termasuk stress relief yang ampuh. Kafein tergolong stimulan, sehingga bisa meningkatkan kewaspadaan. Jika diminum terlalu banyak, kafein justru memicu ketegangan dan lebih mudah stres.

4. Menikmati musik relaksasi

Upaya meringankan stres lainnya adalah menikmati musik yang bertempo lambat dan santai. Cara ini ampuh menghambat hormon pemicu stres, sehingga merilekskan dan melepaskan ketegangan. Pilih musik untuk relaksasi, misalnya klasik, instrumental, atau suara-suara alam, seperti air mengalir atau hujan.

5. Aromaterapi

Menerapkan aromaterapi adalah stress relief yang efektif. Hirup wewangian lilin aromaterapi yang dihasilkan dari kombinasi minyak esensial, yaitu chamomile, lavender, dan mawar. Wewangian tersebut ampuh merilekskan jiwa dan pikiran, mengatasi kecemasan, dan membantu Anda tidur nyenyak.

6. Latihan pernapasan

Melatih pernapasan adalah upaya yang ampuh untuk meringankan stres. Selain itu, latihan pernapasan efektif merilekskan detak jantung, sehingga Anda dapat tenang dan damai. Terapkan secara rutin untuk mempercepat pemulihan stres.

7. Menulis jurnal

Stress relief yang efektif lainnya adalah menulis aktivitas sehari-hari, termasuk pemikiran atau perasaan Anda, ke dalam jurnal. Cara ini memudahkan Anda untuk melihat dan mengevaluasi hal-hal positif atau pencapaian di sepanjang hari. Dengan begitu, memacu Anda untuk lebih bersyukur, sehingga meringankan stres.

Jika Anda telah menerapkan stress relief di atas, namun belum efektif meringankan stres, segera ke psikolog atau psikiater untuk mendapatkan penanganan yang sesuai kondisi dan kebutuhan Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout