Blog

5 manfaat daun binahong

Ampuh Atasi Penyakit Kronis, Ini 5 Manfaat Daun Binahong

Pernahkah Anda mendengar daun binahong? Ya, tumbuhan yang satu ini telah dikenal sejak ribuan tahun silam sebagai tumbuhan yang berkhasiat. Masyarakat China, Taiwan, dan Korea, bahkan telah menggunakan manfaat daun binahong sebagai pengobatan tradisional secara turun temurun.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Anredera Cordifolia ini dipercaya berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit kronis. Tidak hanya itu, hampir seluruh bagian daun binahong juga dapat dimanfaatkan untuk terapi herbal. Ingin mengenal lebih dalam manfaat daun binahong untuk kesehatan? Mari simak penjelasan berikut.

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Tidak mengherankan jika daun binahong telah digunakan sebagai pengobatan tradisional sejak ribuan tahun silam. Daun binahong berfungsi sebagai antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, dan antinyeri, yang penting untuk mencegah penyakit. Selain itu, daun binahong juga mengandung senayawa alami yang kaya manfaat, seperti flavonoid, saponin, dan tanin.

Berikut 5 manfaat daun binahong yang penting untuk Anda ketahui

Mencegah Diabetes

Daun binahong telah digunakan sebagai obat diabetes secara turun menurun. Hal ini didukung oleh penelitian yang menemukan kemampuan daun binahong dalam menurunkan kadar gula darah setelah makan. Manfaat ini dihasilkan dari senyawa aktif dalam daun binahong, seperti flavonoid, steroid, dan kumarin. Ketiga senyawa tersebut bekerja dengan cara menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus, serta meningkatkan produksi dan fungsi insulin.

Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

Kandungan dalam daun binahong, seperti flavonoid, saponin, dan tanin, berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka. Flavonoid secara efektif dapat mengurangi peradangan pada luka, saponin berperan sebagai antiseptik, yaitu mencegah infeksi bakteri dan mempercepat pembentukan kolagen, sedangkan tanin dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit luka dan menghentikan pendarahan ringan, sehingga luka menjadi cepat menutup.

Mengatasi Hipertensi dan Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Bagi penderita hipertensi, mengonsumsi daun binahong bermanfaat untuk menurunkan denyut jantung dan meningkatkan produksi urine. Kedua manfaat tersebut memiliki efek yang sama seperti obat hipertensi penghambat beta dan diuretik. Selain itu, manfaat daun binahong juga termasuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah. Kombinasi kedua manfaat tersebut sangat baik untuk mencegah risiko penyakit jantung, seperti serangan jantung atau gagal jantung.

Meningkatkan Fungsi Ginjal

Ekstrak daun binahong tenyata juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi ginjal, khususnya pada kondisi gagal ginjal kronis. Manfaat ini juga telah dibuktikan melalui beberapa penelitian yang menemukan adanya perbaikan sel ginjal pada penderita gagal ginjal setelah mengonsumsi ekstrak daun binahong.

Mengatasi Asam Urat

Anda penderita asam urat atau sedang mengalami asam urat? Daun binahong bisa menjadi solusi. Manfaat yang satu ini telah dibuktikan melalui banyak penelitian. Kandungan flavonoid dalam daun binahong berkhasiat dalam menghambat pembentukan asam urat, sehingga mampu mencegah dan menurunkan risiko terjadinya asam urat.

Itulah 5 manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh dan berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit. Meski demikian, efektivitas dari manfaat daun binahong masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Jika Anda ingin menggunakan daun binahong, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terutama bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu atau sedang menggunakan obat-obatan atau suplemen tertentu. Hal ini untuk menghindari efek yang membahayakan bagi kesehatan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout