Blog

obat kolesterol alami yang paling ampuh

7 Obat Kolesterol Alami yang Paling Ampuh

Agar kolesterol tinggi tidak menjadi komplikasi yang lebih serius, Anda perlu mengobatinya segera. Salah satunya dengan menggunakan obat kolesterol alami. Ketahui beberapa obat kolesterol alami yang paling ampuh. 

Selain mengonsumsi suplemen penurun kolesterol dan obat-obatan, Anda juga bisa menggunakan obat kolesterol alami untuk menurunkan kolesterol. Apa saja obat kolesterol alami yang paling ampuh? Simak penjelasannya berikut.

1. Bawang putih

Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya menurunkan kolesterol. Penelitian yang dimuat pada jurnal Nutrition Research and Practice menemukan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, bahkan menurunkan total kadar kolesterol darah secara menyeluruh. Untuk memastikan keamanan bawang putih sebagai obat kolesterol, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter akan membantu Anda untuk menentukan obat alami apa saja yang bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

2. Jahe

Jahe juga merupakan salah satu obat kolesterol alami yang paling ampuh. Tanaman herbal satu ini dipercaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan membantu dalam pengobatan kanker. Hal ini didukung melalui penelitian yang dimuat dalam Saudi Medical Journal yang melakukan uji coba penggunaan tiga gram bubuk jahe kepada 85 individu selama 45 hari untuk menurunkan kolesterol. Hasilnya, penggunaan jahe sebagai obat herbal terbukti menurunkan kadar kolesterol secara menyeluruh pada sebagian besar individu.

3. Flaxseed

Flaxseed mungkin belum banyak dikenal di Indonesia, namun tanaman yang tergolong biji-bijian ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Penggunaan flaxseed sebagai obat kolesterol alami dipercaya dapat membantu mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol jahat dalam darah. Hal ini dikarenakan flaxseed kaya akan kandungan serat larut, yaitu salah satu nutrisi yang bisa membantu menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas flaxseed sebagai obat alami untuk menurunkan kolesterol.

4. Alpukat

Dikutip dari Journal of the American Heart Association, mengonsumsi alpukat 1 kali sehari bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol LDL pada seseorang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini dikarenakan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan beta-sistosterol atau sejenis lemak nabati pada alpukat bisa menurunkan kolesterol.

5. Kedelai

Kedelai juga merupakan salah satu obat kolesterol alami yang paling ampuh. Penelitian menemukan bahwa kedelai bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) sebanyak 12 persen. Selain itu, Food and Drug Administration (FDA) juga telah merekomendasikan konsumsi 25 gram kedelai untuk menurunkan kolesterol tinggi di dalam darah.

6. Teh hijau

Obat alami kolesterol lainnya adalah teh hijau. Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau setiap hari selama dua minggu dapat menurunkan kolesterol total sekitar 7 mg/dL dan kolesterol LDL sekitar 2 mg/dL. Selain itu, teh hijau juga dapat mencegah kolesterol LDL dari oksidasi dan membentuk plak di arteri.

7. Apel

Jika Anda sering mengupas apel saat memakannya, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Dikutip dari Harvard Health Publishing, kulit apel mengandung pektin, yaitu sejenis serat larut yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Pektin akan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan yang akan dikeluarkan melalui urine atau feses.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout