Blog

cara menghilangkan kantung mata

7 Cara Menghilangkan Kantung Mata yang Mudah dan Efektif

Kantung mata membuat kulit wajah terlihat kusam dan tidak segar. Hal ini sering mengganggu penampilan, bahkan memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan beberapa cara menghilangkan kantung mata yang mudah dan efektif.

Munculnya kantung mata bisa disebabkan oleh berbagai hal, antara lain pertambahan usia, genetik, kurang tidur, dan lainnya. Namun, ada beberapa cara menghilangkan kantung mata yang bisa Anda lakukan berikut. 

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Mulai dari mengonsumsi vitamin C hingga menggunakan krim mata, berikut 7 cara menghilangkan kantung mata:

1. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Vitamin C

Tubuh membutuhkan kolagen untuk membantu menjaga elastisitas kulit. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh semakin berkurang, sehingga kulit kantung mata mulai mengendur dan muncul garis-garis serta kerutan halus. Agar asupan kolagen di dalam tubuh tetap terjaga, Anda perlu rutin mengonsumsi vitamin C, seperti sayuran hijau, jeruk, tomat, keju, susu, telur, dan kacang kedelai, agar kulit tetap halus, kencang, dan terlihat awet muda.

2. Minum Air yang Cukup

Salah satu pemicu munculnya kantung mata adalah dehidrasi. Dehidrasi terjadi jika asupan cairan di dalam tubuh tidak cukup. Pastikan Anda minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari agar kulit tetap sehat, segar, dan cerah. Selain itu, kurangi juga konsumsi kafein dan alkohol yang dapat mengganggu jam tidur dan membuat tubuh dan kulit menjadi dehidrasi, sehingga membuat mata menjadi merah dan lelah. 

3. Menggunakan krim mata

Cara menghilangkan kantung mata berikutnya adalah rutin menggunakan krim mata. Untuk hasil yang lebih efektif, sebaiknya pilih produk krim mata yang mengandung chamomile, kafein, mentimun, dan arnica. Semua kandungan tersebut berfungsi untuk mengurangi peradangan kulit, sehingga membuat kulit terlihat sehat, lembut, dan kencang.

4. Menghindari merokok

Bahan-bahan kimia yang terdapat dalam rokok berdampak negatif pada kesehatan dan kecantikan kulit. Beberapa dampak negatif rokok, antara lain menyebabkan kulit menjadi kering dan melemah, memicu iritasi di sekitar mata, serta mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dini, terutama di area mata. Hal ini kemudian memicu munculnya lingkaran hitam dan kantung mata, yang disertai dengan keriput dan kulit wajah yang terlihat kusam.

5. Perbanyak Konsumsi Kalium

Rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium juga bisa menghilangkan kantung mata. Asupan kalium yang cukup dapat membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh yang memicu munculnya kantung mata. Sumber kalium, antara lain pisang, kacang, yoghurt, dan sayuran hijau.

6. Mengurangi Konsumsi Garam

Salah satu penyebab munculnya kantung mata dan mata panda adalah konsumsi garam yang berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya batasi mengonsumsi makanan yang tinggi garam, seperti junk food dan keripik kentang. Selain mencegah munculnya kantung mata, mengurangi makanan tinggi garam juga dapat menurunkan risiko hipertensi.

7. Mengompres Mata

Mengompres mata juga bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kantung mata. Caranya, kompres mata dengan kain bersih yang dibasahi air dingin atau es batu yang dibalut dengan kain bersih, diamkan selama beberapa menit sambil sedikit menekan-nekan mata Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kantung teh hijau yang telah dibasahi. Kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat membantu meredakan peradangan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout