Blog

buah yang mengandung zat besi

7 Buah yang Mengandung Zat Besi

Zat besi adalah mineral penting yang berperan dalam pembentukan hemoglobin agar tubuh bisa berfungsi dengan baik. Untuk memenuhi asupan zat besi harian, Anda bisa mengonsumsi sumber alami zat besi, salah satunya buah yang mengandung zat besi.

Tubuh yang kekurangan zat besi dapat menimbulkan beberapa gejala anemia, seperti kelelahan, sesak napas, sakit kepala, dan wajah yang terlihat pucat. Untuk mencegah hal ini, konsumsi 7 buah yang mengandung zat besi berikut:

Buah yang Mengandung Zat Besi

Selama ini, daging merah atau sayuran hijau dikenal sebagai sumber alami zat besi. Namun, ternyata buah-buahan juga merupakan sumber alami zat besi yang baik untuk dikonsumsi secara rutin. Berikut daftar buah dengan kandungan zat besi yang direkomendasikan: 

1. Kurma

Meski sering dikonsumsi saat bulan Ramadan, namun tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi kurma secara rutin. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang tinggi dalam kurma. Di dalam 100 gram kurma, terdapat sekitar 4,79 miligram zat besi. Selain itu, kurma juga mengandung mineral lainnya, seperti kalium, magnesium, kalsium, dan zinc.

2. Aprikot kering

Dibandingkan jeruk atau mangga, aprikot mungkin tidak terlalu dikenal di Indonesia. Namun, sebaiknya Anda mulai mengonsumsi aprikot kering secara rutin, karena kaya akan zat besi. Di dalam 100 gram aprikot kering, terdapat sekitar 2,7 miligram zat besi. Jumlah yang cukup banyak untuk buah kecil, bukan?

3. Berry

Buah yang mengandung zat besi berikutnya adalah berry. Meski berry diketahui memiliki kandungan zat besi yang tidak tinggi, yaitu 0,3 miligram per 100 gramnya. Namun berry, seperti stroberi dan blackberry, mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan fungsi tubuh dalam menyerap zat besi.

4. Plum kering

Seperti halnya aprikot, plum kering memang tidak terlalu dikenal di Indonesia. Namun, plum kering ternyata memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Di dalam 100 gram plum kering, terdapat sekitar 3,52 miligram zat besi. Oleh karena itu, mulai biasakan mengonsumsi plum kering secara rutin.

5. Semangka

Selain menyegarkan, semangka juga termasuk dalam daftar buah yang tinggi kandungan zat besi. Semangka diketahui memiliki 0,24 gram zat besi di setiap 100 gram buahnya. Selain itu, kandungan vitamin C dalam semangka juga dapat memaksimalkan penyerapan zat besi. 

6. Delima

Selain bentuknya yang cantik dan rasanya yang lezat, delima juga termasuk dalam daftar buah dengan kandungan zat besi yang tinggi. Di dalam 100 gram delima, mengandung 0,3 miligram zat besi. Oleh karena itu, sebaiknya mulai biasakan mengonsumsi delima secara rutin untuk memenuhi asupan zat besi harian Anda.

7. Anggur kering (kismis)

Buah yang tidak asing lagi bagi lidah orang Indonesia ini sering dijadikan bumbu penyedap banyak makanan, mulai dari kue hingga es krim. Namun, ternyata kismis juga termasuk dalam daftar buah yang mengandung banyak zat besi. Di dalam 100 gram kismis, mengandung 1 miligram zat besi.

Selain buah-buahan yang mengandung zat besi di atas, Anda juga bisa melengkapinya dengan suplemen zat besi. Namun, pastikan Anda mengonsumsinya dengan dosis yang tepat. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi zat besi sesuai dengan anjuran dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout