Blog

tips menjaga kesehatan mata

6 Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Praktis Dilakukan

Tidak hanya untuk melihat, mata juga sangat penting untuk membuat aktivitas menjadi lancar. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata adalah hal yang penting. Ketahui tips menjaga kesehatan mata agar berfungsi secara optimal. 

Seiring bertambahnya usia, fungsi mata bisa menurun. Meski demikian, Anda bisa mencegahnya dengan menerapkan tips menjaga kesehatan mata yang praktis. Berikut beberapa kebiasaan sehat untuk meningkatkan kualitas penglihatan Anda.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Dikutip dari WebMD, berikut beberapa cara praktis untuk menjaga kesehatan mata agar penglihatan bisa berfungsi dengan baik: 

1. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan yang kaya gizi secara rutin sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas penglihatan. Pilih makanan yang mengandung nutrisi penting untuk mata, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam lemak omega-3, lutein, dan selenium. Selain itu, semua nutrisi tersebut juga dapat menangkal masalah mata yang berkaitan dengan usia, seperti katarak dan degenerasi makula. Anda dapat mendapatkan manfaat berbagai nutrisi tersebut dengan mengonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, salmon, tuna, dan jeruk.

2. Berhenti merokok

Tidak hanya merusak paru-paru dan jantung, namun kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan kerusakan mata. Hal ini dikarenakan asap rokok yang terkena mata dapat menimbulkan katarak dan merusak retina, sehingga dapat menimbulkan kebutaan. Oleh karena itu, jika ingin memiliki mata yang sehat, pastikan Anda berhenti merokok.

3. Memakai kacamata hitam

Menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan adalah salah satu tips menjaga kesehatan mata yang praktis. Hal ini dikarenakan kacamata hitam dapat membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV). Selain itu, terlalu banyak paparan sinar UV dapat meningkatkan kemungkinan katarak dan degenerasi makula.

4. Hindari menatap layar gadget terlalu lama

Tips menjaga kesehatan mata berikutnya adalah menghindari menatap layar komputer atau smartphone terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan mata menjadi lelah. Gejalanya berupa nyeri leher, sakit kepala, mata kering, sakit pada bahu dan punggung, serta pandangan menjadi kabur. Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, istirahatkan mata dengan mengalihkan pandangan selama 20 detik setiap 20 menit sekali. Jika mata Anda terasa kering, sebaiknya sering mengedipkan mata atau menggunakan obat tetes mata.

5. Periksakan mata ke dokter secara rutin

Pemeriksaan mata secara rutin setidaknya 2 tahun sekali dianjurkan mulai dari anak-anak hingga lansia. Orang dewasa yang sudah berusia lebih dari 40 tahun bahkan dianjurkan untuk memeriksakan mata setahun sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan pertambahan usia, seperi katarak, degenerasi makula, dan glaukoma. Dalam pemeriksaan mata, dokter akan memantau kondisi mata dan mendeteksi sejak dini masalah pada mata akibat penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

6. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup membantu Anda untuk beristirahat secara total. Ketika Anda kurang tidur, mata tidak memiliki cukup waktu untuk beristirahat, sehingga mengakibatkan melemahnya penglihatan Anda secara perlahan. Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan mata terasa gatal, memerah, serta kering. Hal ini disebabkan mata tidak menghasilkan air mata yang cukup karena kurang tidur, sehingga bisa berisiko terkena infeksi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout