Blog

manfaat semangka

6 Manfaat Semangka: Menyegarkan dan Menyehatkan Tubuh

Cara yang paling banyak dilakukan orang untuk melepaskan dahaga adalah dengan minum air. Namun, ternyata ada cara lain untuk menghilangkan dahaga, yaitu mengonsumsi semangka. Ya, manfaat semangka ini disebabkan kandungannya didominasi oleh air 92%, tidak mengandung lemak, dan rendah kalori. 

Tidak hanya itu, dengan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan gizi lainnya, semangka juga memiliki manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut 6 manfaat semangka, mulai dari menurunkan risiko kanker hingga memperbaiki mood.

1. Menjaga Tubuh Terhidrasi

Semangka mengandung 92% air dan serat yang dapat memenuhi 20 hingga 30 persen asupan air untuk tubuh Anda. Dengan rutin mengonsumsi semangka, Anda bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi meski di cuaca panas. Selain itu, semangka juga mampu menyegarkan hawa panas dalam tubuh Anda karena mengandung elektrolit yang memberikan efek menyegarkan pada tubuh saat dikonsumsi. 

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Sebagai sumber antioksidan yang baik, semangka berkhasiat menurunkan risiko kanker. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menemukan kandungan likopen dalam semangka mampu menghambat proliferasi sel kanker prostat. Hasil penelitian ini juga didukung dengan penelitian dari salah satu universitas di Chicago, AS, yang menemukan bahwa pasien yang mendapatkan asupan likopen yang cukup sebelum melakukan prostatektomi, memiliki tingkat kerusakan jaringan prostat yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi likopen. 

3. Mengatasi Asma 

Salah satu penyebab kambuhnya asma adalah kandungan vitamin C yang rendah dalam tubuh. Semangka adalah salah satu sumber vitamin C yang dapat mengurangi potensi munculnya asma. Hal itu dibuktikan melalui suatu penelitian yang menemukan bahwa kandungan vitamin C dalam semangka juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang memberikan khasiat lebih besar untuk kesehatan tubuh.

4. Membantu Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Rutin mengonsumsi semangka adalah salah satu cara untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung sejak dini. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Hypertension, orang yang mengonsumsi ekstrak semangka dapat membantu tubuh terhindar dari masalah hipertensi. Bahkan, bagi penderita obesitas, mengonsumsi ekstrak semangka sangat dianjurkan karena mampu mengurangi tekanan darah dan menjadikannya dalam kondisi normal. Selain itu, kandungan likopen dalam semangka juga berkontribusi dalam mencegah kerusakan sel tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Memenuhi asupan air yang cukup setiap hari sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit dan menjaga kesehatan rambut. Dengan mengonsumsi semangka yang tinggi kandungan air, akan memperbaiki kulit tubuh atau wajah yang kering dan kusam. Untuk mendapatkan khasiat semangka, Anda bisa memanfaatkannya sebagai bahan campuran untuk masker wajah atau mengonsumsinya dalam bentuk jus secara rutin.

6. Melindungi Mata dari Peradangan

Likopen adalah kandungan menakjubkan yang tidak hanya berkhasiat untuk mencegah risiko penyakit kanker. Senyawa dalam semangka ini ternyata juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, yaitu menjaga mata dari masalah peradangan dan juga kerusakan oksidatif. Selain itu, semangka juga mengandung senyawa anti peradangan dan antioksidan yang mampu mencegah proses degeneratif makula yang berhubungan erat dengan faktor usia. 

Menakjubkan bukan manfaat dari buah semangka? Yuk, rutin mengonsumsi semangka agar kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga di tengah masa pandemi. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout