Blog

manfaat minum air lemon setiap hari

6 Manfaat Minum Air Lemon Setiap Hari: Sehatkan Kulit Hingga Cegah Anemia

Selain minum kopi atau teh, air lemon juga merupakah salah satu minuman yang baik untuk dikonsumsi di pagi hari. Manfaat minum air lemon setiap hari sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, serta menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Air lemon kini banyak diminum seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat. Selain itu, banyak ahli gizi yang merekomendasikan air lemon untuk diminum secara rutin. Berikut beberapa manfaat minum air lemon setiap hari:

Manfaat Minum Air Lemon Setiap Hari

Tahukah Anda, lemon merupakan jeruk yang memiliki lebih banyak nutrisi dibandingkan jenis jeruk lainnya. Selain vitamin C, lemon juga kaya akan vitamin B, vitamin E, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, dan potassium. Berikut 5 manfaat lemon yang perlu Anda ketahui:

1. Membantu menurunkan berat badan

Anda ingin menurunkan berat badan secara efektif? Coba konsumsi air lemon secara rutin. Selain memiliki kandungan vitamin C yang dapat mempercepat penurunan berat badan, lemon juga memiliki serat pektin yang memberikan rasa kenyang lebih lama. Ada juga yang menyebutkan bahwa air di dalam lemon dapat membantu membakar kalori yang dapat mempercepat penurunan berat badan.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel dari kerusakan akibat paparan radikal bebas, serta meredakan flu. Selain itu, manfaat minum air lemon setiap hari juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke, serta menurunkan kadar kolesterol darah. Mengonsumsi air lemon dapat memenuhi asupan vitamin C sebanyak 18,6 mg dari total 65 mg – 90 mg kebutuhan harian tubuh.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan karbohidrat dalam lemon berbentuk serat larut dan gula sederhana. Serat utama dalam lemon, yaitu pektin, memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Sedangkan serat larut berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan dan memperlambat penyerapan gula dan pati, sehingga dapat menurunkan gula darah. Agar manfaatnya lebih optimal, sebaiknya konsumsi lemon dengan bulir-bulirnya dan tidak hanya airnya saja.

4. Menurunkan risiko kanker

Keluarga citrus, termasuk lemon, merupakan jenis buah-buahan yang dapat mencegah risiko kanker. Hal ini dibuktikan melalui beberapa penelitian yang menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak lemon, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker. Selain itu, penelitian itu juga menemukan bahwa kandungan dalam lemon, seperti limonene dan naringenin, dapat berfungsi sebagai antikanker. Meski demikian, penelitian tersebut memerlukan studi lanjutan.

5. Mencegah anemia

Jika tubuh kekurangan zat besi, maka akan berisiko terkena anemia. Hal ini ditandai dengan tubuh yang mudah lelah dan lemas, karena asupan oksigen dalam tubuh tidak tercukupi. Untuk mencegahnya, Anda dianjurkan untuk minum air lemon setiap hari. Hal ini dikarenakan jeruk lemon kaya akan zat besi yang dapat mencegah anemia dengan cara membantu penyerapan zat besi dari makanan.

6. Menjaga kesehatan kulit

Mengonsumsi air lemon setiap hari juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Antara lain, menjaga kelembapan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus, serta membuat kulit terlihat lebih segar. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C pada lemon yang dapat meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein yang berperan penting dalam mempertahankan elastisitas dan kesehatan kulit.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout