Blog

tanamu oil

6 Manfaat Luar Biasa Tamanu Oil untuk Kesehatan

Sebagai perawatan kecantikan, tamanu oil memang terbilang relatif baru dibandingkan jenis minyak lainnya. Namun, tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan Polynesia ini ternyata telah digunakan oleh masyarakat Asia, Afrika, dan Kepulauan Pasifik, untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut sejak berabad-abad lamanya.

Dilihat dari bentuk dan tampilan, tamanu oil memiliki bentuk yang kental, berwarna hijau gelap, serta aroma kacang yang kuat. Berikut 6 manfaat luar biasa tamanu oil yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan kulit sehari-hari.

1. Mengatasi Jerawat

Dibandingkan minyak wajah lainnya, tamanu oil memiliki kandungan yang lebih unggul untuk membantu menghilangkan jerawat. Tamanu oil bekerja tanpa menyumbat pori-pori, sehingga mampu mencegah timbulnya jerawat dan komedo. Selain itu, minyak ini juga memiliki sifat anti bakteri yang berfungsi untuk menghilangkan bakteri pemicu jerawat, yaitu P. acnes, melembabkan kulit wajah, serta aman digunakan jika Anda memiliki kulit sensitif yang mudah berjerawat. 

2. Anti-inflammatory 

Tamanu oil memiliki kandungan yang disebut calophyllolide. Kandungan ini bersifat anti-inflammatory yang berfungsi untuk mengatasi peradangan pada kulit. Sifat anti-inflammatory tersebut juga berperan besar dalam mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat dan pustula yang menyebabkan rasa sakit di kulit wajah. Selain itu, kandungan dalam tamanu oil juga dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit kulit, antara lain psoriasis, eczema, dan rosacea.

3. Melembapkan Kulit

Manfaat tamanu oil berikutnya tidak perlu diragukan lagi, yaitu melembapkan kulit wajah. Hal ini dikarenakan tamanu oil mengandung bahan yang berperan besar dalam kelembapan kulit wajah, yaitu fatty acid, oleic, dan linoleic fatty acid. Ketiga bahan tersebut memiliki beberapa manfaat, seperti melindungi lapisan kulit wajah, menghidrasi kulit wajah, mengatasi kulit kering, serta membuat kulit wajah terlihat sehat, segar, dan cerah.

4. Mempercepat Regenerasi Sel

Ingin menyembuhkan luka pada kulit wajah? Tamanu oil merupakan pilihan yang tepat. Kandungan ajaib dalam tamanu oil berkhasiat untuk menyembuhkan luka yang disebabkan oleh jerawat atau hyperpigmentation dan membantu mempercepat regenerasi sel kulit wajah. Selain itu, tamanu oil juga dapat mempercepat produksi kolagen dan glycosaminoglycan (GAG). Perpaduan dua bahan yang penting untuk kulit tersebut akan membuat kulit Anda terlihat lebih sehat dan cerah, sekaligus mengilangkan kerutan di wajah.

5. Perlindungan dengan Antioksidan

Ingin memiliki kulit wajah yang awet muda dan bebas dari keriput? Anda bisa memanfaatkan tamanu oil sebagai perawatan kecantikan sehari-hari. Jika Anda termasuk orang yang sering beraktivitas di luar ruangan dan sering terkena paparan sinar matahari dan polusi, makan tamanu oil adalah solusi yang tepat. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam tamanu oil berkhasiat untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang menyebabkan berbagai masalah kulit. 

6. Mengatasi Arthritis

Selain berkhasiat untuk kulit, sifat anti inflamasi yang kuat pada tamanu oil ternyata juga berkhasiat untuk meringankan gejala radang sendi. Dengan menggunakan tamanu oil secara teratur, maka dapat merangsang sirkulasi darah dan memberikan efek yang menenangkan pada tubuh. Caranya, aplikasikan tamanu oil pada bagian tubuh yang mengalami rasa sakit, kemudian pijat dalam gerakan yang memutar secara lembut, diamkan beberapa saat hingga meresap. Lakukan metode ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout