Blog

manfaat kacang almond

6 Manfaat Kacang Almond: Sehatkan Jantung Hingga Tingkatkan Imun Tubuh

Bagi Anda penggemar cokelat, jenis kacang yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi. Ya, almond merupakan salah satu jenis kacang yang kerap dijadikan kandungan dalam cokelat. Meski harganya relatif mahal, namun banyak orang yang menjadikan kacang almond sebagai camilan sehat. Hal itu tidak mengherankan karena kacang almond kaya akan nutrisi. Apa saja manfaat kacang almond untuk kesehatan?

Kacang almond mengandung berbagai nutrisi, antara lain vitamin E, protein, serat, lemak, kalsium, magnesium, vitamin B2, dan fosfor. Semua kandungan tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh berikut.

1. Menyehatkan Jantung

Mengonsumsi kacang almond secara rutin bermanfaat untuk mencegah jantung koroner. Hal ini dikarenakan kacang almond tinggi akan magnesium, tembaga, mangan, kalsium, serta kalsium, yang berkhasiat dalam menangkal berbagai macam ancaman, seperti kolesterol jahat (LDL) pada dinding arteri. Untuk mendapatkan khasiatnya secara efektif, jadikan kacang almond sebagai camilan sehat. Selain memperkuat jantung Anda, kacang almond juga tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi setiap hari.

2. Mengatasi Peradangan 

Kandungan flavonoid antioksidan dalam kacang almond berperan besar dalam mengurangi peradangan dalam tubuh, terutama yang berhubungan dengan darah dan jantung. Bahkan, kandungan tersebut mampu mencegah serangan virus atau bakteri ke dalam dinding arteri. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, sebaiknya konsumsi kacang almond dengan cara direbus terlebih dahulu agar nutrisi yang terkandung tidak hilang. Sebaliknya, hindari menggoreng kacang almond karena konsumsi minyak yang berlebihan akan membahayakan kesehatan.

3. Menjaga Kadar Kolesterol

Menjadikan kacang almond sebagai camilan sehat adalah salah satu solusi untuk mencegah kolesterol sejak dini. Kandungan vitamin E dalam kacang almond berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, vitamin E adalah antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel darah terhadap kerusakan, serta mencegah terjadinya penyumbatan arteri akibat kolesterol. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menemukan bahwa konsumsi kacang almond berhubungan dengan peningkatan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

4. Menstabilkan Tekanan Darah

Penelitian menemukan keterkaitan antara khasiat kacang almond dengan tekanan darah yang stabil. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa seseorang yang mengonsumsi kacang almond secara rutin mengalami penurunan tekanan darah sistolik, yaitu tekanan darah tertinggi yang dicapai saat otot jantung berkontraksi. Perlu Anda ketahui, tekanan darah sistolik normal pada orang dewasa yaitu berkisar antara 90-120 mmHg.

5. Mengendalikan Kadar Gula Darah 

Bagi pengidap diabetes, mengonsumsi kacang almond secara rutin dapat mengurangi ketergantungan terhadap obat-obatan dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi kacang almond. Pengobatan diabetes diketahui memiliki efek samping, yaitu membuat penggunanya sering merasa lapar, sehingga berisiko menyalahi aturan diet diabetes. Dengan mengonsumsi kacang almond, pengidap diabetes dapat merasa kenyang lebih lama dan menjaga kadar gula darah tetap stabil, sehingga penggunaan obat-obatan dapat dikurangi.

6. Meningkatkan Imunitas 

Tahukah Anda, dalam satu butir kacang almond ternyata menyimpan khasiat luar biasa untuk meningkatkan imun tubuh. Hal ini dikarenakan kacang almond mengandung vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, fosfor, kalsium, zat besi, magnesium, tembaga, dan seng. Semua nutrisi tersebut dipercaya berkaitan erat dengan sistem imunitas. Jadi, semakin sering Anda mengonsumsi kacang almond, maka semakin kuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout