Blog

Manfaat Ikan Gabus

6 Manfaat Ikan Gabus: Atasi Kurang Gizi Hingga Sembuhkan Luka

Ikan gabus merupakan salah satu ikan yang paling banyak diminati untuk dikonsumsi di Indonesia. Sebagai sumber protein, ikan gabus memiliki kandungan nutrisi yang lebih besar dibandingkan ikan salmon. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi, manfaat ikan gabus dipercaya sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari Anda.

Ikan gabus mengandung beberapa nutrisi penting bagi tubuh, antara lain omega-3, zat besi, kalsium, fosfor, protein, vitamin A, vitamin B1, dan air. Ingin tahu lebih dalam seputar manfaat ikan gabus untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

1. Membantu Mempercepat Pemulihan Luka

Kandungan albumin yang tinggi dalam ikan gabus berperan besar dalam pemulihan luka. Albumin merupakan protein utama dalam darah dan berfungsi untuk membantu proses pemulihan luka yang disebabkan oleh berbagai faktor. Suatu penelitian bahkan membuktikan bahwa pasien pasca operasi yang rutin mengonsumsi ekstrak ikan gabus dapat memicu proses penyembuhan luka yang lebih cepat dibandingkan pasien yang tidak mengonsumsi ikan gabus.

2. Mengatasi Kurang Gizi

Manfaat yang satu ini sangat berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, yaitu mengatasi kurang gizi. Menciptakan keseimbangan gizi pada anak bukan hal yang mudah, terutama pada anak yang susah makan. Dengan memberikan ikan gabus atau ekstrak ikan gabus secara rutin, kebutuhan gizi anak dapat terpenuhi, sehingga mampu mengatasi kurang gizi pada anak. Hal ini dikarenakan ikan gabus memiliki semua kandungan gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

3. Memelihara Otot 

Protein adalah kandungan nutrisi yang berperan penting dalam pembentukan otot. Sebagai sumber protein yang baik, ikan gabus adalah salah satu ikan tawar dengan kandungan terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Kandungan protein dalam ikan gabus bahkan mengalahkan daging sapi, ayam, dan ikan air tawar lainnya. Untuk menjaga kesehatan otot sejak dini, jadikan ikan gabus sebagai menu sehat harian Anda.

4. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh 

Selain kaya akan protein, ikan gabus juga tinggi akan albumin. Kandungan albumin dalam ikan gabus mampu menjaga cairan dalam tubuh tetap seimbang. Hal ini penting karena keseimbangan cairan dalam tubuh mampu menjaga tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Jika kadar cairan dalam tubuh tidak seimbang, maka dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan tubuh, seperti proses penyerapan protein dalam tubuh yang terganggu. 

5. Membantu Pertumbuhan

Kandungan ikan gabus yang kaya akan nutrisi sangat penting untuk membantu proses pertumbuhan, terutama ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak. Ketiga kelompok ini merupakan kelompok yang memiliki kondisi di mana tubuh membutuhkan nutrisi tambahan untuk membantu proses pertumbuhan. Selain itu, ikan gabus juga memiliki kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh lansia.

6. Mengatasi Hipoalbuminemia 

Kekurangan albumin dalam tubuh atau yang disebut hipoalbuminemia tidak bisa dianggap sebelah mata karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Beberapa gejala dari hipoalbuminemia, antara lain nafsu makan berkurang, edema, mual, diare, penyakit kuning, hipotens, dan masih banyak lagi. Hipoalbuminemia bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti diabetes, hipertiroidisme, sirosis hati, gagal jantung, hingga penyakit lupus. Selain menggunakan pengobatan sesuai dengan penyakit penyebabnya, rutin mengonsumsi ikan gabus juga dianjurkan untuk membantu mengatasi gejala dari rendahnya kadar albumin dalam tubuh.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout