Blog

manfaat buah semangka

6 Manfaat Buah Semangka, Ampuh Cegah Berbagai Penyakit

Saat cuaca panas atau kehausan, mengonsumsi semangka adalah salah satu pilihan untuk melepas dahaga. Manfaat buah semangka ini dimungkinkan karena memiliki kandungan yang didominasi oleh air 92%, sehingga mampu menyegarkan tubuh. 

Selain manis dan menyegarkan, manfaat buah semangka juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Apa saja itu? Mari kita simak satu per satu.

1. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi terjadi jika tubuh kehilangan cairan lebih banyak dibandingkan cairan yang masuk. Beberapa gejalanya, antara lain tubuh terasa lemas dan rasa haus yang berlebihan. Kondisi ini mengakibatkan organ tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik. Untuk mencegah hal tersebut, rutin mengonsumsi semangka yang tinggi kandungan air adalah salah satu solusinya. Dengan kandungan air hingga 92%, buah semangka mampu memenuhi 20 hingga 30 persen kebutuhan cairan dalam tubuh. Selain itu, kandungan elektrolit dalam semangka juga dapat mengatasi hawa panas dalam tubuh dan membuat tubuh terasa lebih segar.

2. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Ingin terhindar dari risiko terkena penyakit jantung sejak dini? Rutin mengonsumsi semangka adalah salah satu solusinya. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Hypertension. Penelitian tersebut menemukan bahwa ekstrak semangka efektif dalam membantu tubuh terhindar dari penyakit jantung. Selain itu, kandungan likopen dalam semangka juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel tubuh. Bagi perempuan berusia lanjut yang memiliki gangguan aorta yang kaku, rutin mengonsumsi semangka setidaknya 6 minggu dapat mengatasi gangguan tersebut, sehingga mampu menurunkan risiko penyakit jantung. 

3. Menjaga Kesehatan Kandungan

Bagi ibu hamil, memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi adalah prioritas. Salah satu kandungan nutrisi yang penting untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya adalah asam folat. Kandungan tersebut dapat ditemukan dalam buah semangka. Ibu hamil yang rutin mengonsumsi semangka dapat menjaga kesuburan kandungannya dan juga mencegah bayi untuk terlahir dengan cacat fisik maupun saraf.

4. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, Anda membutuhkan asupan air yang cukup setiap hari. Dengan asupan air yang cukup, maka kelembapan kulit dan kesehatan rambut akan tetap terjaga. Penuhi asupan air Anda dengan mengonsumsi semangka yang tinggi kandungan air, sehingga dapat memperbaiki kulit tubuh atau wajah yang kering dan kusam. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus atau memanfaatkannya sebagai masker wajah

5. Mengatasi nyeri otot

Ingin mencegah nyeri otot setelah berolahraga? Mengonsumsi semangka adalah solusinya. Penelitian dari Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa mengonsumsi jus semangka setelah berolahraga dapat menenangkan otot, bahkan seseorang yang mengonsumsi jus semangka sebelum berolahraga cenderung tidak mengalami nyeri otot. Kandungan citrulline dalam semangka juga dipercaya berkhasiat membuat denyut jantung lebih stabil. Kandungan ini termasuk asam amino yang sering digunakan sebagai suplemen untuk mengatasi nyeri otot. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa khasiat semangka akan lebih efektif jika dikonsumsi dalam bentuk jus dibandingkan mengonsumsinya secara langsung.

Buah semangka menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Menjadikannya sebagai salah satu buah yang wajib dalam menu sehat harian Anda adalah investasi kesehatan di masa depan. Selamat menjalankan gaya hidup sehat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout