Blog

Manfaat Bawang Dayak

6 Manfaat Bawang Dayak, Ampuh untuk Cegah Jantung Koroner

Jenis bawang yang satu ini mengingatkan kita akan nama suku di Pulau Kalimantan. Ya, nama bawang yang dibudidayakan di Pulau Kalimantan ini memang diambil dari nama Suku Dayak. Suku Dayak sejak lama menggunakan manfaat bawang dayak untuk mengobati berbagai penyakit.

Hal itu tidak mengherankan mengingat bawang dayak memiliki berbagai kandungan penting, seperti alkaloid, steroid, flavonoid, tanin, glikosida, felonik, dan zat lainnya. Ingin tahu manfaat bawang dayak untuk kesehatan tubuh? Berikut 6 di antaranya.

1. Agen Antikanker 

Kandungan beberapa senyawa penting dalam bawang dayak berfungsi sebagai agen antikanker. Salah satu senyawa tersebut adalah naphtokuinones, yang berkontribusi besar dalam menurunkan aktivitas dari sel Cyclin-E. Dengan menurunkan aktivitas sel Cyclin-E, maka dapat memicu hancurnya sel kanker dalam tubuh. Penelitian bahkan menemukan bahwa bawang dayak dapat dijadikan sebagai pengobatan alternatif untuk kanker serviks karena khasiatnya terbukti dapat menurunkan ekspresi sel kanker serviks secara signifikan.

2. Mengontrol Tekanan Darah 

Penyakit yang satu ini diketahui dapat menyerang siapa saja. Untuk mencegahnya, mengonsumsi bawang dayak secara rutin bisa menjadi solusi. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa alisin yang tinggi dalam bawang dayak berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah dan menurunkan kekentalan darah. Selain itu, bawang dayak juga diketahui memiliki sifat diuretik, yang berfungsi untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh melalui urine.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah 

Bawang dayak mengandung beberapa senyawa yang penting untuk kesehatan, antara lain flavonoid, glikosida, alkaloid, serta saponin. Semua kandungan tersebut berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah, sehingga dianjurkan untuk Anda yang mengidap diabetes. Untuk mendapatkan khasiatnya secara efektif, rutinlah mengonsumsi bawang dayak agar kadar gula dalam darah tetap terkendali.

4. Mencegah Jantung Koroner

Manfaat bawang dayak tidak hanya berkhasiat sebagai pengobatan penyakit. Kandungan felonik di dalamnya ternyata dapat dimanfaatkan untuk pencegahan beberapa penyakit serius, salah satunya jantung koroner. Jadikan bawang dayak sebagai menu sehat Anda sehari-hari untuk mencegah penyakit jantung koroner sejak dini.

5. Merawat Kulit

Selain untuk mengobati penyakit dan menjaga kesehatan, kandungan dalam bawang dayak ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Beberapa senyawa dalam bawang dayak memiliki khasiat untuk merawat kecantikan kulit, seperti mencerahkan wajah dan menyamarkan noda hitam pada wajah. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa bawang dayak memiliki potensi besar untuk dijadikan sebagai obat antijerawat. Untuk mendapatkan khasiatnya secara efektif, Anda bisa mengolah bawang dayak dalam bentuk manisan, dikeringkan, atau dikemas dalam bentuk bubuk.

6. Meningkatkan Metabolisme

Sistem metabolisme yang baik diperlukan untuk menentukan seberapa banyak kalori yang dibakar pada jangka waktu tertentu. Fungsi ini terutama dibutuhkan bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Untuk memiliki sistem metabolisme yang baik, salah satu caranya adalah dengan rutin mengonsumsi bawang dayak. Hal ini dikarenakan kandungan alkaloid dalam bawang dayak dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh, melancarkan sistem pencernaan, dan mencegah konstipasi, infeksi usus, serta masalah ginjal.

Beragam manfaat bawang dayak memang baik untuk kesehatan tubuh, namun jangan konsumsi secara berlebihan. Jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan asupan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout