Blog

manfaat alpukat untuk ibu hamil

6 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil: Cegah Anemia Hingga Tekanan Darah Tinggi

Setiap ibu hamil membutuhkan nutrisi lengkap untuk mendukung perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil. Salah satunya melalui buah-buahan seperti alpukat. Manfaat alpukat untuk ibu hamil dipercaya sangat berpengaruh selama kehamilan.

Ada beragam manfaat alpukat untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang perlu diketahui. Meski ada anggapan bahwa alpukat perlu dibatasi konsumsinya karena mengandung lemak tinggi, namun 6 manfaat alpukat berikut tidak perlu diragukan.

Mendukung Perkembangan Janin

Kandungan nutrisi dalam alpukat sangat baik untuk mendukung perkembangan janin. Dikutip dari jurnal kesehatan Nutrients, alpukat mengandung folat dan kalium yang tinggi, di mana kedua kandungan tersebut berperan penting dalam perkembangan janin di dalam kandungan. Kebutuhan ibu hamil akan asam folat selama kehamilan sangat tinggi, karena pembentukan sel dan jaringan baru. Dengan mengonsumsi alpukat secara rutin, ibu hamil dapat memenuhi asupan asam folat harian. Asam folat bermanfaat untuk mencegah kelahiran prematur, bayi terlahir dengan berat badan rendah, mencegah cacat jantung, serta cacat tabung saraf pada janin.

1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium dalam alpukat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil, karena dapat mencegah tekanan darah tinggi. Namun, ibu hamil perlu mewaspadai adanya kandungan natrium dalam alpukat. Hal ini dikarenakan kandungan tersebut dapat mengakibatkan terjadinya preeklampsia, sehingga dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengonsumsi alpuakat secara berlebihan.

2. Mengatasi Anemia

Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami ibu hamil adalah anemia. Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan zat besi. Selain bayam dan sayuran hijau lainnya, alpukat juga kaya akan zat besi. Oleh karena itu, mengonsumsi alpukat secara rutin dapat memenuhi kebutuhan ibu hamil akan zat besi. Ibu hamil juga dianjurkan untuk menghindari kopi, teh, dan soda, agar terhindar dari kekurangan zat besi.

3. Mencegah Masalah Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti sakit perut dan sembelit sering dialami oleh ibu hamil. Dengan rutin mengonsumsi alpukat, ibu hamil dapat mengatasi masalah pencernaan selama kehamilan. Selain itu, alpukat juga mengandung senyawa non-esensial yang tinggi, seperti serat, lemak tak jenuh tunggal, dan antioksidan, yang baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan menjaga kualitas ASI ketika sudah menyusui.

4. Membantu Penyerapan Nutrisi

Manfaat alpukat untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu mempercepat penyerapan nutrisi. Dikutip dari University of New Hampshire, alpukat berfungsi untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan lain yang dikonsumsi ibu hamil sepanjang hari. Contohnya, alpukat dapat menyerap vitamin di dalam sayuran hijau, ubi, dan wortel.

5. Sumber Serat yang Baik

Alpukat kaya akan serat yang berperan penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil tetap optimal. Mengonsumsi alpukat secara rutin dapat meningkatkan pergerakan usus yang sehat. Dikutip dari jurnal Food Science & Nutrition, menambahkan makanan yang kaya akan serat seperti alpukat ke dalam menu sehat sehari-hari selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional dan preeklampsia. Untuk memenuhi asupan serat, ibu hamil hanya membutuhkan setengah buah alpukat (100 gram) yang menyediakan 7 gram sumber serat, atau sekitar 25 persen dari rekomendasi harian minimum 28 gram untuk serat selama kehamilan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout