Blog

manfaat air kelapa muda

6 Manfaat Air Kelapa Muda yang Penting untuk Kesehatan

Tidak hanya menghilangkan rasa haus dan mencegah dehidrasi, manfaat air kelapa muda juga penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari Anda. Air kelapa muda mengandung beragam nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti elektrolit, mineral, vitamin, dan antioksidan.

Selain itu, air kelapa muda juga mengandung karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak, serta kandungan mineral yang bahkan lebih tinggi dari jeruk. Nah, apa aja manfaat air kelapa muda yang perlu Anda ketahui? Berikut penjelasannya.

1. Memperlambat Penuaan

Ingin terlihat awet muda? Konsumsi air kelapa muda secara rutin dapat membuat kulit Anda terlihat lebih halus dan lebih muda. Hal ini dikarenakan kandungan sitokinin, yaitu hormon pertumbuhan dalam air kelapa muda memiliki efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Sitokinin memiliki beragam khasiat, antara lain mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel, menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, serta mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

2. Menstabilkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa muda sangat baik untuk kesehatan jantung. Kedua kandungan tersebut berkhasiat membantu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, air kelapa muda juga bermanfaat dalam mencegah terbentuknya penggumpalan darah dan membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL).

3. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Sejak lama air kelapa muda dipercaya efektif dalam mengobati penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, seperti diare, konstipasi, dan gangguan ginjal. Hal ini dikarenakan air kelapa muda mengandung asam amino, mineral, enzim, dan asam lemak, yang berfungsi untuk menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Air kelapa muda juga mengandung natrium, klorida, serta tinggi gula, yang dapat mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi akibat gangguan pencernaan.

4. Mencegah Penyakit Batu Ginjal 

Minum air kelapa muda secara rutin ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan ginjal yang lebih tinggi dari minum air putih. Batu ginjal timbul ketika kalsium, asam oksalat, dan komponen lain mengendap menjadi kristal dan terbawa di dalam urine. Penelitian yang berjudul Prophylactic Effect of Coconut Water menemukan bahwa air kelapa muda secara efektif dapat mencegah kristal menempel pada ginjal dan saluran kemih. Selain itu, air kelapa muda juga dapat meminimalisir radikal bebas yang terbentuk akibat tingginya kadar oksalat di dalam urine, sehingga dapat mengurangi terbentuknya kristal pada ginjal.

5. Mendukung Fungsi Organ Tubuh

Kandungan nutrisi dalam air kelapa muda ternyata juga berkhasiat dalam mendukung kerja organ-organ di dalam tubuh. Sebagai sumber utama dari arginin, air kelapa muda berfungsi untuk mengatasi stres tubuh saat berolahraga. Selain itu, air kelapa muda juga bermanfaat dalam membantu pembentukan protein sehingga dapat mempercepat regenerasi sel-sel pada organ tubuh dan membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

6. Mencegah Radikal Bebas

Tahukah Anda, saat proses metabolisme, tubuh berpotensi menghasilkan sel-sel berbahaya, seperti radikal bebas. Radikal bebas bahkan dapat meningkat saat tubuh sedang sakit atau stres. Jika radikal bebas dalam tubuh terlalu banyak, maka mengakibatkan tubuh mengalami stres oksidatif yang memicu kerusakan pada sel-sel sehat. Penelitian menemukan bahwa kandungan antioksidan dalam air kelapa muda berkhasiat untuk mengurangi efek stres oksidatif, sehingga dapat menangkal radikal bebas.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout