Blog

makanan yang mengandung protein

6 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi untuk Kesehatan

Selain vitamin, protein adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein berperan dalam membantu proses pertumbuhan dan pemeliharaan fungsi organ tubuh. Fungsi protein antara lain, membantu mengatur fungsi DNA, membantu reaksi metabolisme organ tubuh, dan membantu mengangkut molekul dari satu organ tubuh ke organ lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan protein setiap hari, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi.

Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi, antara lain ikan tuna, telur, keju, beras, gandum, dan kacang kedelai. Apa saja manfaat makanan tersebut? Berikut penjelasannya. 

1. Ikan Tuna

Ikan tuna termasuk dalam kategori ikan laut yang bercirikan daging berwarna merah dan putih. Ikan ini memiliki kandungan penting untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti asam lemak omega 3, vitamin A, vitamin D, kalsium, kolin, fosfor, zat besi, magnesium, zinc, dan tentunya tinggi akan protein. Dalam 100 gram ikan tuna terdapat 29 gram protein.

2. Telur (Terutama Putih Telurnya)

Sebagai salah satu sumber protein terbaik, telur adalah makanan yang sangat mudah dicerna. Banyak manfaat yang ditemukan dalam telur, antara lain tidak ada lemak tak jenuh dan rendah kalori. Selain protein, telur mengandung banyak nutrisi lainnya, seperti vitamin A, vitamin B2, asam folat, vitamin B6, vitamin B12, zat besi, kolin, kalsium, fosfor, dan kalium. Dalam 100 gram telur terkandung 12,6 gram protein.

3. Keju 

Keju terbuat dari olahan susu dan dapat diolah dalam berbagai bentuk, macam, dan rasa. Tidak hanya rasanya yang lezat, keju juga bermanfaat untuk kesehatan. Dalam 100 gram keju terkandung 21 gram protein dan 200 mg kalsium. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa kandungan protein, kalsium, dan fosfor dalam keju bermanfaat untuk membantu mencegah kerusakan pada gigi dan membantu melindungi email gigi. 

4. Gandum 

Gandum banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan makanan, seperti roti. Hal ini dikarenakan gandum adalah jenis sereal yang memiliki kandungan protein tertinggi dibandingkan jenis sereal lain. Bahkan, kandungan protein dalam gandum hampir setara dengan kandungan protein dalam kacang kedelai. Selain protein, gandum juga kaya akan karbohidrat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B9, zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan zinc. Dalam 100 gram gandum, terkandung 16,9 gram protein.

5. Beras 

Beras merupakan makanan pokok lebih dari setengah populasi di dunia. Beras menyediakan 20% dari pasokan energi makanan di dunia. Bandingkan dengan gandum yang memasok 19% dan jagung 5% populasi dunia. Dalam 100 gram beras, terkandung 7,13 gram protein dan 80 gram karbohidrat. Selain tinggi protein, beras juga kaya akan vitamin B1, B2, B3, B5, B6, kalsium, magnesium, fosfor, potasium, dan zinc. Namun, hindari konsumsi beras berlebihan karena tinggi akan kalori. 

6. Kacang Kedelai

Kacang kedelai dapat diolah menjadi berbagai variasi makanan, seperti tahu, tempe, serta susu kedelai. Kandungan protein yang lengkap dalam kacang kedelai dinilai setara dengan kandungan protein yang dihasilkan oleh telur dan daging. Bahkan, para ahli menyatakan bahwa kandungan protein yang lengkap dalam kacang kedelai dipercaya dapat menggantikan produk hewani yang lebih tinggi lemak, terutama lemak jenuh. Dalam 100 gram kacang kedelai, terkandung 36,49 protein.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout