Blog

cemilan sehat untuk diet

6 Cemilan Sehat untuk Diet: Lezat dan Kaya Nutrisi

Kebiasaan mengemil yang berlebihan memang perlu dihindari karena dapat memicu kenaikan berat badan yang signifikan. Namun, bukan berarti Anda yang sedang diet tidak bisa mengemil sama sekali. Cemilan sehat untuk diet dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sedang dalam program diet.

Ada beragam cemilan sehat untuk diet yang bisa Anda konsumsi tanpa perlu khawatir berat badan naik. Selain mengenyangkan lebih lama, 6 cemilan sehat berikut juga menyehatkan tubuh Anda.

1. Dark Chocolate atau Almond Dark Chocolate

Dark chocolate atau dark chocolate yang mengandung almond memiliki manfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan membuat tekanan darah stabil. Selain itu, almond tinggi akan lemak tak jenuh tunggal yang berkhasiat mengendalikan kadar gula darah dan baik untuk jantung. Penelitian bahkan menemukan bahwa dua cemilan tersebut mampu mengurangi nafsu makan dan menurunkan berat badan, asalkan kandungannya tidak melebihi 70% kakao. 

2. Kelapa Kering Tanpa Pemanis 

Selain lezat dan mengenyangkan lebih lama, kelapa juga tinggi akan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan lemak pada kelapa berfungsi untuk meningkatkan proses metabolisme dan baik untuk meningkatkan fungsi otak pada orang dengan memori terganggu. Jika Anda sedang dalam program diet, pastikan untuk mengonsumsi kelapa kering yang tidak diberikan pemanis. Kelapa kering tanpa pemanis mengandung kalori sebesar 1 ons atau 28 gram.

3. Granola

Cemilan sehat ini merupakan perpaduan dari kacang-kacangan, buah kering, dan campuran gandum. Dalam setiap 100 gram granola terkandung 30% serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, granola mengandung vitamin E, vitamin K, vitamin C, protein, dan beberapa vitamin B kompleks. Kandungan tersebut memiliki manfaat, antara lain melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan energi, dan membantu menurunkan berat badan secara efektif.

4. Edamame Rebus

Kandungan lemak baik yang sehat menjadikan edamame sebagai salah satu pilihan cemilan sehat. Kacang edamame kaya akan nutrisi, antara lain protein, lemak baik, karbohidrat, folat, serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, zinc, dan kalium. Selain itu, kacang edamame juga mengandung isoflavon yang berfungsi untuk menurunkan risiko kanker dan osteoporosis. Agar kandungan gizinya terjaga dengan baik, konsumsi edamame dengan cara dikukus atau direbus.

5. Smoothie 

Ingin pengalaman diet menjadi lebih menyenangkan? Tambahkan smoothie sebagai cemilan sehat Anda. Smoothie terbuat dari buah atau sayuran yang dicampurkan dengan yogurt, susu, bubuk protein, biji chia, atau gula. Camilan ini dianjurkan bagi Anda yang kurang suka sayur atau buah. Dengan tekstur yang lebih padat dan kaya akan serat, smoothie adalah camilan yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, smoothie juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh.

6. Snack Bar

Selain lezat, cemilan sehat kekinian ini juga mengandung nutrisi yang lengkap. Snack bar terbuat dari almond, oat, kacang tanah, apel, stroberi, dan pisang. Kandungan nutrisi dalam snack bar, antara lain vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein. Selain itu, snack bar termasuk dalam kategori Emergency Food Product (EFP), sehingga dapat dikonsumsi sebagai makanan darurat karena kaya akan gizi dan serat, serta rendah kalori.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout