Blog

cara menurunkan kolesterol

6 Cara Menurunkan Kolesterol agar Terhindar dari Penyakit

Jika Anda mengalami kolesterol tinggi, maka perlu dilakukan beragam cara menurunkan kolesterol. Salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang sehat. Ketahui beberapa cara menurunkan kolesterol lainnya.

Kolesterol tinggi yang tidak ditangani segera dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti stroke dan penyakit jantung. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kadar kolesterol tetap normal dengan beragam cara berikut:

Cara Menurunkan Kolesterol

Mengubah kebiasaan adalah salah satu cara efektif agar terhindar dari kolesterol tinggi. Berikut beberapa kebiaaan sehat yang bisa Anda lakukan: 

1. Berolahraga secara teratur

Cara menurunkan kolesterol berikutnya adalah berolahraga secara teratur. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, rutin berolahraga juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. The American Heart Association merekomendasikan berolahraga 30 menit dalam lima sampai tujuh kali per minggu.

2. Perbanyak sayur dan buah

Memperbanyak konsumsi sayur dan buah sangat dianjurkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dikarenakan kandungan serat dalam sayur dan buah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL). Oleh karena itu, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayur setiap harinya.

3. Pilih makanan rendah lemak

Anda mengalami masalah kolesterol tinggi? Sebaiknya konsumsi makanan dengan kadar lemak yang rendah. Beberapa jenis makanan rendah lemak yang dianjurkan, antara lain ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, susu rendah lemak, tempe, tahu, serta kacang-kacangan. Hindari konsumsi makanan berlemak, seperti goreng-gorengan.

4. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung serat larut

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut juga sangat dianjurkan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Beberapa jenis makanan yang tinggi serat larut, antara lain ubi jalar, alpukat, lobak, brokoli, wortel, pir, kacang merah, apel, gandum, dan biji rami.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen atau minuman yang mengandung serat larut beta glucan dan inulin. Beta glucan berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total dalam tubuh, sedangkan inulin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah.

5. Berhenti merokok

Berhenti merokok juga merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol lainnya. Hal ini dikarenakan merokok dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh dan dapat menurunkan kadar kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL) dalam tubuh, serta membuat pembuluh darah menjadi lebih kaku. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke dan penyakit jantung.

6. Menjaga berat badan tetap ideal

Menjaga berat badan tetap ideal juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas dapat mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menjalankan diet sehat untuk menurunkan berat badan, sehingga kadar kolesterol tetap normal.

Jika Anda mampu menurunkan kolesterol tinggi, langkah selanjutnya adalah mempertahankan kadar kolesterol tetap normal, yaitu dengan menerapkan beberapa kebiasaan sehat di atas. Lakukan gaya hidup sehat secara konsisten agar hasilnya lebih efektif. 

Selain itu, agar kadar kolesterol tetap terjaga, hindari atau batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti daging asap, daging berlemak, sosis, es krim, biskuit, kue kering, makanan bersantan, serta makanan yang tinggi gula.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout