Blog

cara mengobati sakit gigi pada anak

6 Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak

Sakit gigi merupakan penyakit yang dialami oleh banyak orang, termasuk anak. Ada banyak penyebab sakit gigi pada anak, seperti penumpukan plak, pembusukan gigi, atau makanan terperangkap di antara gigi. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mengobati sakit gigi pada anak.

Dikutip dari University of Rochester Medical Center, sakit gigi pada umumnya disebabkan karena tidak merawat gigi dengan benar. Jika hal ini terjadi, anak biasanya akan mengeluh sakit, sehingga membuat orang tua khawatir.

Namun, jangan khawatir, berikut 6 cara mengobati sakit gigi pada anak untuk mengatasinya:

1. Air garam hangat

Cara mengobati sakit gigi pada anak yang pertama adalah dengan berkumur dengan air garam. Hal ini dikarenakan garam berfungsi untuk membunuh bakteri dalam gigi yang sakit, sedangkan air hangat bermanfaat untuk membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan di gusi. Agar hasilnya optimal, ajak anak berkumur dengan air garam sesering mungkin.

2. Tanyakan pada anak

Jika anak sudah bisa berbicara dengan lancar, coba tanyakan di bagian mana tepatnya ia mengalami sakit gigi. Dengan mengetahui lokasi yang tepat, Anda juga bisa mengobatinya dengan tepat. Namun, jika anak Anda belum bisa berbicara dengan lancar, coba periksa apakah ada bengkak atau kemerahan, mungkin di situlah letak gigi yang sakit atau rusak.

3. Minyak cengkeh

Cara mengobati gigi pada anak berikutnya adalah minyak cengkeh. Penelitian dari National Institute of Health di Inggris menemukan bahwa kandungan eugenol dalam cengkeh secara efektif dapat mengurangi rasa sakit, peradangan, serta infeksi, dibandingkan jenis analgesik lainnya. Selain itu, minyak cengkeh juga dapat membantu mengatasi sakit gigi dan membuat area di sekitar gigi yang sakit jadi mati rasa. Caranya, berikan beberapa tetes minyak cengkeh ke bola kapas hingga agak basah, kemudian oleskan secara langsung ke gigi yang sakit. Agar hasilnya lebih efektif, Anda bisa mencampurnya dengan minyak kelapa dan mengajak anak berkumur dengan campuran minyak ini. Minyak kelapa berfungsi untuk mengurangi penumpukan plak, melawan penyakit gusi, serta mencegah pembusukan gigi.

4. Kompres dengan air es

Kompres dengan air es juga merupakan salah satu cara mengobati gigi pada anak yang efektif. Hal ini dikarenakan air es dapat membantu mengurangi sakit dan meredakan pembengkakan di area gusi. Cara ini bisa dilakukan jika anak mengalami sakit gigi yang disebabkan oleh trauma atau cedera. Caranya dengan memberikan kompres air es di bagian luar pipi anak.

5. Oleskan bawang putih

Bawang putih merupakan cara alami untuk mengatasi sakit gigi. Hal ini dikarenakan bawang putih berperan sebagai antibiotik alami yang berfungsi untuk mengurangi sakit gigi. Caranya, cincang satu siung bawang putih, hancurkan, dan diamkan selama 10 menit. Kemudian, oleskan bawang putih tersebut ke area gigi yang sakit selama 1-2 menit. Setelah itu, bilas mulut anak dengan air garam hangat atau air hangat.

6. Lidah buaya

Lidah buaya sejak lama digunakan sebagai cara mengobati gigi pada anak secara alami. Hal ini dibuktikan melalui beberapa penelitian yang menemukan bahwa lidah buaya mengandung antibakteri alami yang berfungsi untuk menghancurkan kuman yang menjadi penyebab kerusakan gigi. Caranya, oleskan gel lidah buaya ke daerah mulut anak yang sakit, kemudian pijat dengan lembut.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout