Blog

cara menghilangkan komedo

6 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Komedo adalah benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit dan ditandai dengan titik hitam atau putih di kulit wajah, namun bisa juga muncul di dada, bahu, lengan, atau punggung. Ada beberapa cara menghilangkan komedo yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan bahan-bahan alami.

Selain mudah didapatkan dan bisa dilakukan di rumah, bahan-bahan alami juga lebih aman untuk kesehatan. Berikut 7 bahan-bahan alami untuk menghilangkan komedo di area wajah dan hidung yang bisa Anda terapkan.

1. Perpaduan Lemon dan Madu

Kombinasi lemon dan madu ternyata memiliki khasiat yang luar biasa untuk menghilangkan komedo yang mengganggu di area wajah. Caranya, campurkan perasan lemon dengan satu sendok makan madu dan tambahkan gula secukupnya, aplikasikan campuran tersebut secara merata pada area yang terdapat komedo, kemudian pijat dengan gerakan memutar selama 2 menit, bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin, setidaknya sekali dalam seminggu.

2. Kombinasi Bubuk Kopi dan Minyak Kelapa

Selain membuat kita terjaga dan menambah energi, kopi ternyata memiliki khasiat untuk menghilangkan komedo di kulit wajah. Anda dapat mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bebas komedo dengan cara menyediakan bubuk kopi dan minyak kelapa. Caranya, campurkan setengah cangkir bubuk kopi dengan setengah cangkir minyak kelapa, aduk secara merata, kemudian aplikasikan ke wajah, pijat secara perlahan dengan gerakan memutar di area wajah yang terdapat komedo, diamkan selama lima menit, bilas hingga bersih dengan air dingin. Ulangi cara yang sama, setidaknya seminggu sekali.

3. Putih Telur

Putih telur dapat dimanfaatkan karena mengandung protein yang dapat menghilangkan komedo secara efektif, sekaligus membuat wajah terlihat lebih cerah. Caranya, campurkan putih telur dengan beberapa tetes perasan lemon, aduk secara merata, kemudian aplikasikan ke seluruh wajah secara merata atau di area wajah yang terdapat komedo, diamkan selama lima menit atau hingga mengering, pijat wajah kembali untuk membersihkan sisa olesan. Untuk mendapatkan hasil yang efektif, lakukan cara ini dua kali dalam seminggu.

4. Lidah Buaya

Bahan alami yang satu ini memiliki kandungan yang ajaib untuk mengatasi masalah kulit, termasuk komedo. Dua kandungan tersebut adalah antioksidan dan aloin yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga membantu membersihkan komedo dari kulit wajah. Caranya, ambil gel dari daging lidah buaya, kemudian aplikasikan ke seluruh wajah secara merata, diamkan hingga mengering, bilas hingga bersih. 

5. Oatmeal

Tidak hanya berfungsi sebagai sarapan yang mengenyangkan dan menyehatkan, oatmeal ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo di wajah. Hal ini dikarenakan oatmeal memiliki tekstur yang menyerupai scrub. Scrub berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, seperti komedo yang mengganggu. Caranya, sediakan oatmeal dan yogurt, campurkan kedua bahan tersebut, kemudian aplikasikan ke seluruh wajah secara merata, diamkan selama 10 menit, bilas hingga bersih.

6. Kulit Jeruk

Selain buahnya yang kaya manfaat, kulit jeruk ternyata juga mengandung vitamin C yang berkhasiat untuk kesehatan kulit. Bahkan, beberapa penelitian menemukan bahwa kandungan vitamin C dalam kulit jeruk lebih tinggi dibandingkan buahnya. Kandungan vitamin C dalam kulit jeruk berfungsi untuk memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas, termasuk komedo.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout