Blog

cara menghilangkan kantung mata

6 Cara Menghilangkan Kantung Mata

Munculnya kantung mata membuat kulit wajah terlihat kusam dan tidak segar. Hal ini tidak jarang mengganggu penampilan, sehingga mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara menghilangkan kantung mata yang mudah Anda lakukan di rumah.

Kantung mata disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurang tidur, stres, pertambahan usia, genetik, masalah pigmentasi, dan lainnya. Untuk mengatasinya, berikut 6 cara menghilangkan kantung mata yang dapat Anda coba.

1. Minum Air untuk Mencegah Dehidrasi

Salah satu pemicu munculnya kantung mata adalah dehidrasi. Dehidrasi terjadi jika asupan cairan di dalam tubuh tidak cukup. Dengan memenuhi asupan cairan setiap hari, maka dapat mencegah terbentuknya kantung mata. Pastikan Anda minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari agar kulit Anda tetap sehat, segar, dan cerah. Selain itu, kurangi juga konsumsi kafein dan alkohol yang dapat mengganggu jam tidur dan membuat tubuh dan kulit menjadi dehidrasi, sehingga membuat mata menjadi merah dan lelah. 

2. Menggunakan Sunscreen

Paparan radikal bebas dari sinar ultraviolet dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Selain itu, paparan radikal bebas tersebut juga menyebabkan kulit menjadi kendur dan berkerut, serta dehidrasi, yang berdampak pada terbentuknya kantung mata. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan sunscreen atau sunblock yang mengandung mineral, serta kacamata hitam, untuk membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet, serta menjaga kulit di sekitarnya agar tidak menghitam.

3. Menghindari Merokok

Cara menghilangkan kantung mata lainnya adalah dengan menghindari atau berhenti dari kebiasaan merokok. Hal ini dikarenakan bahan-bahan kimia yang terdapat dalam rokok berdampak negatif pada kesehatan dan kecantikan kulit. Beberapa dampak negatif rokok, antara lain menyebabkan kulit menjadi kering dan melemah, memicu iritasi di sekitar mata, serta mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dini, terutama di area mata. Hal ini kemudian memicu munculnya lingkaran hitam dan kantung mata, yang disertai dengan keriput dan kulit wajah yang terlihat kusam.

4. Menggunakan Krim Mata

Cara menghilangkan kantung mata berikutnya cukup populer di kalangan perempuan, yaitu rutin menggunakan krim mata. Untuk hasil yang lebih efektif, sebaiknya pilih produk krim mata yang mengandung chamomile, kafein, mentimun, dan arnica. Semua kandungan tersebut berfungsi untuk mengurangi peradangan kulit, sehingga membuat kulit terlihat sehat, lembut, dan kencang.

5. Mengonsumsi Suplemen Kolagen

Kolagen merupakan protein yang terdapat di dalam tubuh manusia, terutama otot, tulang, kulit, dan tendon. Protein ini berperan dalam menguatkan dan mengganti sel-sel kulit mati, serta membuat kulit lebih elastis, sehingga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, termasuk menghilangkan kantung mata. Untuk memenuhi asupan kolagen, Anda bisa mengonsumsi suplemen kolagen dan kaldu tulang ayam.

 

6. Menggunakan Kosmetik untuk Menyamarkan

Anda juga bisa menggunakan concealer sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata. Gunakan concealer dengan satu warna lebih terang dari warna kulit Anda, sehingga dapat membantu menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata. Selain itu, Anda juga bisa memilih concealer yang memiliki SPF 15 atau lebih agar kulit Anda mendapat perlindungan dari sinar ultraviolet. Jika Anda memiliki kulit yang cenderung berminyak atau berjerawat, pilih produk concealer yang dibuat khusus untuk wajah berminyak.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout