Blog

cara menghilangkan bau ketiak

6 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Memiliki bau ketiak yang cukup menyengat memang mengganggu penampilan dan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu, banyak yang melakukan cara menghilangkan bau ketiak untuk menghindari masalah tersebut. 

Munculnya bau ketiak dapat disebabkan oleh bakteri yang tercampur dengan keringat. Berbagai cara menghilangkan bau ketiak dilakukan, salah satunya dengan menggunakan parfum. Namun, wangi parfum ternyata tidak bertahan lama. Untuk menghilangkan bau ketiak secara ampuh, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami. Berikut beberapa di antaranya:

Baking soda

Selain untuk membuat kue, baking soda ternyata dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau badan dengan cara menjaga ketiak tetap kering dan bebas keringat. Caranya, campurkan baking soda dengan air perasan lemon, kemudian aplikasikan langsung ke ketiak selama 2-3 menit, bilas hingga bersih saat mandi.

Lidah buaya

Cara menghilangkan bau ketiak berikutnya adalah bahan alami yang dapat Anda temukan di pekarangan rumah. Ya, lidah buaya merupakan sumber antioksidan dan antibakteri yang dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi bau ketiak. Caranya, aplikasikan langsung gel lidah buaya ke ketiak, diamkan semalaman. Saat pagi hari, bilas hingga bersih.

Kentang 

Selain makanan yang lezat untuk dikonsumsi, kentang ternyata juga merupakan salah satu solusi untuk menghilangkan bau badan secara alami. Hal ini dikarenakan kandungan dalam kentang berfungsi untuk mengendalikan produksi keringat dan mencegah bakteri yang ada di ketiak. Selain itu, asam alami dalam kentang bermanfaat untuk menurunkan pH di kulit ketiak. Caranya, iris kentang tipis, lalu gosok secara perlahan ke ketiak. Diamkan selama beberapa waktu hingga sari kentangnya kering. Kemudian, balurkan deodoran di ketiak.

Minyak kelapa

Ada satu kandungan dalam minyak kelapa yang berkhasiat untuk menghilangkan bau ketiak, yaitu asam lemak rantai sedang. Kandungan tersebut dapat melawan berbagai mikroba dan membunuh bakteri di ketiak, sehingga mampu menghilangkan bau tak sedap. Caranya, siapkan minyak kelapa, lalu aplikasikan langsung ke ketiak dengan menggunakan jari-jari Anda. Setelah itu, diamkan hingga minyak kelapa menyerap ke dalam kulit. Lakukan langkah ini sebanyak 1-2 kali dalam sehari setelah mandi untuk hasil yang lebih optimal.

Jeruk nipis

Penelitian dalam jurnal Pharmacognosy Revies menemukan bahwa jeruk nipis memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Kedua sifat tersebut sangat ampuh dalam melawan bakteri dan jamur yang merupakan pemicu munculnya bau yang tidak sedap di badan. Caranya, potong jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras jeruk nipis dan oleskan air jeruk nipis. Diamkan selama lima belas menit. Setelah itu, bilas hingga bersih dengan menggunakan air suam kuku.

Perasan lemon

Kandungan asam dan antibakteri dalam lemon sangat bermanfaat sebagai cara menghilangkan bau ketiak. Kandungan tersebut berfungsi untuk meredakan kadar pH di kulit dan mencegah munculnya bakteri. Caranya, potong lemon menjadi dua, lalu aplikasikan secara langsung ke ketiak. Selanjutnya, diamkan hingga mengering dan bilas hingga bersih dengan air putih. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum melakukan cara ini.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan deodoran untuk mencegah bau badan saat beraktivitas. Namun, jika bau badan tidak kunjung hilang, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout