Blog

6 Cara Mengatasi Anak Demam Tanpa Obat

6 Cara Mengatasi Anak Demam Tanpa Obat

Sebagian besar kasus demam pada anak biasanya tidak membutuhkan obat untuk mengatasinya, kecuali jika dianjurkan dokter. Ada beberapa cara mengatasi anak demam tanpa obat yang bisa Anda coba.

Demam pada anak sebenarnya bukan suatu penyakit. Kondisi ini merupakan cara alami tubuh dalam melawan infeksi bakteri penyebab penyakit. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi anak demam tanpa obat yang efektif berikut.

Cara Mengatasi Anak Demam Tanpa Obat

Dikutip dari Healthy Children, berikut beberapa cara mengatasi anak demam tanpa obat yang bisa Anda coba:

1. Pastikan kebutuhan cairan anak tercukupi

Salah satu penyebab demam adalah kekurangan cairan atau dehidrasi. Oleh karena itu, pastikan tubuh anak terhidrasi dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya setiap hari. Jika anak masih menyusu, berikan ASI. Jika sudah tidak menyusu, berikan air putih, jus buah, atau larutan elektrolit.

2. Pakaikan anak pakaian yang nyaman

Pastikan anak memakai baju yang bisa menyerap keringat, sehingga bisa membuatnya nyaman. Ketika pakaian anak lembap, segera ganti dengan yang bersih. Anak sebaiknya tidak memakai pakaian yang terlalu tebal, karena berisiko membuat demam semakin parah.

3. Pastikan kamar anak sejuk dan nyaman

Cara mengatasi anak demam tanpa obat lainnya adalah memastikan kamar anak tidak terlalu panas. Untuk menjaga kamar anak tetap sejuk dan nyaman, gunakan pendingin Rangoon, namun jangan diarahkan secara langsung ke anak, karena justru bisa memperparah demam.

4. Anak bisa tetap beraktivitas

Ketika demam, anak tidak harus selalu berada di tempat tidur. Anak bisa bermain atau beraktivitas yang menyenangkan dan tanpa menguras tenaga. 

5. Menjaga jarak dengan orang lain

Jika anak mengalami demam yang disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti flu, cacar air, atau COVID-19, sebaiknya jauhkan dari orang-orang dengan kondisi, seperti lanjut usia, anak-anak lain, atau orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

6. Kompres air hangat

Mengompres anak dengan kain atau handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat merupakan cara mengatasi anak demam tanpa obat yang efektif. Namun, hindari mengompres anak dengan air dingin, karena bisa memperparah demam.

Jika Anda sudah melakukan cara-cara mengatasi demam anak tanpa obat di atas, namun demamnya tidak kunjung sembuh, segera bawa anak ke dokter untuk diketahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat

Penyebab Demam pada Anak

Demam merupakan cara alami tubuh untuk merespon infeksi dan penyakit. Namun, demam juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  • Infeksi bakteri.
  • Infeksi virus.
  • Daya tahan tubuh yang lemah.
  • Efek samping obat-obatan tertentu.
  • Memiliki riwayat alergi.
  • Demam berdarah dengue.
  • Mengidap penyakit, seperti penyakit autoimun, kanker, atau gangguan otak.

Kapan Harus ke Dokter?

Anak perlu segera dibawa ke dokter jika menunjukkan beberapa gejala berikut:

  1. Demam disertai kejang.
  2. Muncul bintik-bintik merah pada kulit.
  3. Demam tidak mereda selama lebih dari satu hari.
  4. Tinja berwarna hitam atau kegelapan.
  5. Anak berumur di bawah tiga bulan suhu tubuhnya di atas 38 derajat Celsius.
  6. Demam berulang.
  7. Anak berumur di atas tiga bulan suhu tubuhnya di atas 40 derajat Celsius.
  8. Rewel.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout