Blog

buah yang mengandung vitamin b

6 Buah yang Mengandung Vitamin B Untuk Anak

Dengan rasa yang lezat dan mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang, buah sangat penting untuk dikonsumsi anak. Salah satu vitamin yang terkandung dalam buah dan dibutuhkan anak adalah vitamin B. Untuk memenuhi asupan vitamin B harian, anak perlu mengonsumsi buah yang mengandung vitamin B secara rutin.

Vitamin B berfungsi untuk membantu produksi energi, membantu pembentukan sel darah merah, menjaga metabolisme sel, serta merawat fungsi otak dan fungsi saraf. Oleh karena itu, pastikan asupan vitamin B harian si kecil terpenuhi agar tumbuh kembangnya optimal. Berikut 6 buah yang mengandung vitamin B yang baik untuk anak:

1. Pisang

Tidak hanya tinggi vitamin C, pisang ternyata juga mengandung vitamin B. Dalam 100 gram pisang mengandung 0,433 miligram vitamin B6, 0,3 miligram vitamin B5, 24 mikrogram vitamin B9, dan 0,08 vitamin B9. Kandungan vitamin B pisang sangat penting untuk anak, karena berfungsi untuk menghasilkan energi bagi tubuh anak, merawat sistem pencernaan, menjaga fungsi otak, serta membantu produksi sel darah merah.

2. Jeruk

Jeruk memang identik dengan vitamin C yang terkandung di dalamnya. Namun, jeruk ternyata juga salah satu buah yang mengandung vitamin B, terutama vitamin B6. Rutin mengonsumsi jeruk dapat memenuhi 5 persen asupan vitamin B6 harian dari total angka kebutuhan vitamin B6 harian yang disarankan. Selain itu, jeruk juga berfungsi merawat kesehatan kulit, serta menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung.

3. Mangga

Mangga merupakan buah yang mengandung vitamin B lainnya. Dalam setiap 100 gram mangga mengandung 0,25 miligram. Oleh karena itu, mangga bisa menjadi alternatif yang tepat untuk dikonsumsi anak. Kandungan vitamin B dalam mangga bermanfaat untuk menambah energi, meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh, merawat mata, serta menurunkan risiko penyakit kanker.

4. Nanas

Dengan rasa yang menyegarkan, nanas adalah salah satu buah yang mengandung vitamin B. Memberikan nanas pada anak dapat membantu menjaga kesehatan dan menunjang tumbuh kembangnya. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B1 atau thiamin dalam nanas bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat pada otak. Selain itu, memberikan nanas sangat membantu tumbuh kembang anak yang baru memulai pendidikan awalnya.

5. Alpukat

Alpukat juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi asupan vitamin B harian anak, terutama vitamin B5. Dalam setiap 100 gram alpukat, terkandung sekitar 1,39 miligram vitamin B5. Selain itu, alpukat juga mengandung 0,5 miligram vitamin B6, 0,1 miligram vitamin B1, dan 0,2 miligram vitamin B2. Manfaat vitamin B dalam alpukat untuk anak, yaitu memproduksi sel darah merah, membantu proses pertumbuhan, serta meningkatkan fungsi otak.

6. Blueberry

Blueberry juga merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin B. Memberikan blueberry pada anak dapat memenuhi asupan vitamin B hariannya. Hal ini dikarenakan dalam setiap 340 gram blueberry, terkandung 5 persen vitamin B6 dari total kebutuhan vitamin B6 harian yang disarankan. Selain itu, blueberry juga mengandung 0,05 miligram vitamin B1, serta 0,01 miligram vitamin B2, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti memperkuat tulang, menjaga fungsi otak, merawat kulit, membantu produksi sel darah merah, serta menurunkan risiko penyakit jantung sejak dini.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout