Blog

buah yang mengandung vitamin a

6 Buah yang Mengandung Vitamin A: Lezat dan Bergizi

Vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Beragam manfaat vitamin A, antara lain mendukung pertumbuhan sel, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan mata, tulang, dan kulit. Untuk memenuhi asupan vitamin A harian, Anda bisa mengonsumsi buah yang mengandung vitamin A.

Meski hampir sebagian besar jenis buah memiliki kandungan vitamin A, namun hanya sebagian buah yang memiliki kandungan vitamin A yang lebih tinggi dibandingkan yang lain. Berikut beberapa buah yang termasuk sumber vitamin A yang perlu Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

1. Mangga

Selain rasanya manis dan menyegarkan, mangga juga termasuk buah yang kaya akan vitamin A. Rutin mengonsumsi mangga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan sistem reproduksi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Pepaya

Sebagai buah tropis, pepaya merupakan buah yang sangat populer di Indonesia. Dengan bentuk agak lonjong dan daging buah berwarna oranye terang, pepaya memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Selain itu, pepaya juga mengandung serat, karbohidrat, protein, vitamin C, vitamin B, kalium, magnesium, dan kalsium. Rutin mengonsumsi pepaya bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mengurangi gejala nyeri akibat arthritis.

3. Jeruk Bali

Buah yang mengandung vitamin A berikutnya adalah jeruk bali. Kandungan vitamin A dalam jeruk bali bahkan lebih tinggi dibandingkan jenis jeruk lainnya. Dengan beragam manfaat, jeruk bali banyak dianggap sebagai superfood. Beberapa manfaat jeruk bali, antara lain mencegah kanker, menurunkan risiko tekanan darah, menjaga kadar gula darah tetap stabil, meningkatkan sistem imun tubuh, menurunkan berat badan, mengurangi risiko batu ginjal, serta menjaga kesehatan jantung.

4. Aprikot

Buah yang menyerupai buah persik ini kaya akan nutrisi yang penting bagi tubuh. Mengonsumsi aprikot sebagai camilan dapat memenuhi asupan vitamin A harian sebanyak 25%. Selain tinggi vitamin A, aprikot juga kaya akan vitamin C, kalium, dan serat. Bagi penderita diabetes, mengonsumsi aprikot secara rutin sangat dianjurkan karena bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Namun, hindari mengonsumsi aprikot secara berlebihan karena mengandung kalori dan gula yang dampaknya tidak baik untuk kesehatan.

5. Tomat 

Jika menyebut tentang vitamin A, tomat merupakan salah satu buah yang muncul dalam benak sebagian besar orang. Hal ini tidak mengherankan, karena tomat memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Tidak hanya itu, tomat juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang disebut likopen. Rutin mengonsumsi tomat atau jus tomat, sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Anda.

6. Semangka

Pilihan buah yang mengandung vitamin A berikutnya adalah semangka. Semangka mengandung nutrisi yang lengkap, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, dan magnesium. Rutin mengonsumsi semangka bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, mencegah peradangan, serta menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Itulah 6 jenis buah yang mengandung vitamin A yang penting untuk kesehatan tubuh. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu dan membutuhkan asupan vitamin A, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui jenis makanan atau suplemen vitamin A yang perlu Anda konsumsi. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi vitamin A secara berlebihan karena dapat menumpuk di jaringan tubuh sehingga menyebabkan keracunan vitamin A.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout